Kompas.com - 12/10/2017, 11:10 WIB
Presiden Joko Widodo bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani saat meninggalkan ruangan Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Selasa (4/7/2017). Kedatangan Presiden Joko Widodo dalam rangka kunjungan kerja dan dialog ekonomi dengan para pelaku pasar modal. KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNGPresiden Joko Widodo bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani saat meninggalkan ruangan Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Selasa (4/7/2017). Kedatangan Presiden Joko Widodo dalam rangka kunjungan kerja dan dialog ekonomi dengan para pelaku pasar modal.
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Keluarga dan pekerjaan bukanlah dua hal yang harus dibentengi dalam upaya mengejar kesuksesan karir. Justru keduanya perlu dijembatani sehingga saling menopang satu sama lain.

Begitu kira-kira saran Menteri Keuangan Sri Mulyani kepada para wanita karier. Hal itu pula ia sampaikan di acara US - Indonesia Women's CEO Summit di Hotel Ritz Carlton, Washington DC, Rabu,11 Oktober 2017.

Sebagai wanita karir, Sri Mulyani selalu menjadikan dukungan suami dan anak-anaknya sebagai motivasi dalam bekerja.

Begitu pun sebaliknya. Bekerja keras bukan berarti melupakan tanggung jawab sebagai istri dan ibu di rumah.

(Baca: 4 Kunci Sukses Jadi Wanita Karir ala Sri Mulyani)

"Keluarga adalah mitra utama kita," tulis Sri Mulyani dalam akun Facebook pribadinya, Kamis (12/10/2017).

Oleh karena itu, penting membagi waktu diantara keduanya. Meskipun diakui, selalu ada rasa bersalah bila waktu bekerja justru lebih lama dibandingkan waktu bersama keluarga.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun perempuan yang kerap disapa Ani itu menyarankan agar peran istri dan ibu tidak ditinggalkan saat semua kembali ke rumah. Hal itu pula yang ia lakukan selama ini.

"Ketika kita di rumah, jangan lupa untuk melepaskan atribut di tempat bekerja dan berlaku sebagaimana seorang wanita yang menjadi istri bagi suami dan ibu bagi anak-anak kita," kata dia.

(Baca: Sri Mulyani dan Bankir Wanita Top Julia Gouw Jadi Pembicara di Washington DC)

Kompas TV Perempuan Jadi Sopir Truk
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.