Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BNI Siapkan 300.000 Kartu TapCash untuk Dibagikan Gratis

Kompas.com - 12/10/2017, 22:53 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk menyiapkan sebanyak 300.000 kartu uang elektronik atau TapCash. Ketersediaan kartu uang elektronik ini dalam rangka mendukung program elektronifikasi jalan tol. Rencananya, transaksi non tunai akan diberlakukan di seluruh ruas jalan tol pada 31 Oktober mendatang.

"(TapCash) untuk ke customer digratiskan sampai 31 Oktober, (biaya) kartunya saja (yang gratis). Masing masing bank menganggarkan (menyiapkan) 300.000 kartu elektronik untuk promo ini," kata SEVP Teknologi Informasi dan Digital Banking BNI Dadang Setiabudi, di Kantor Pusat BNI, Jakarta Pusat, Kamis (12/10/2017).

Lima perbankan yang menyediakan kartu uang elektronik, seperti BNI, BRI, Bank Mandiri, BTN, dan BCA bekerja sama dengan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) untuk mensubsidi kartu. Setiap bank, akan menerbitkan kartu serta memberi subsidi dengan jumlah yang sama.

Dadang menjelaskan, harga kartu TapCash sebesar Rp 20.000. Namun, hingga 31 Oktober, BNI mensubsidi sebesar Rp 10.000 per kartu dan BPJT sebesar Rp 10.000 per kartu.

"Kami anggarkan (subsidi) 300.000 kartu Tapcash, jadi Rp 3 miliar," kata Dadang.

Sebelumnya, Direktur Program Elektronifikasi Departemen Kebijakan dan Pengawasan Sistem Pembayaran BI Pungky Purnomo Wibowo mengatakan, ada berencana membagikan 1,5 juta kartu tol elektronik gratis kepada masyarakat.

Pemberian itu akan dilakukan mulai Senin (15/10/2017) pekan depan sampai akhir bulan ini. Adapun saldonya diisi sendiri oleh penerima kartu tol elektronik. Pungky menambahkan, kartu e-toll gratis ini hanya dibagikan kepada pengemudi yang tidak punya kartu tol elektronik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com