Kemenkop Minta UMKM Lebih Agresif Berpromosi di Sosial Media

Kompas.com - 13/10/2017, 11:37 WIB
Acara seminar strategi pemasan online untuk UMKM di sentra produk kerajinan perak oleh Kementerian Koperasi dan UKM, di Kecamatan Sukawati, Gianyar, Bali, Jumat (13/10/2017). KOMPAS.com/PRAMDIA ARHANDO JULIANTOAcara seminar strategi pemasan online untuk UMKM di sentra produk kerajinan perak oleh Kementerian Koperasi dan UKM, di Kecamatan Sukawati, Gianyar, Bali, Jumat (13/10/2017).
|
EditorAprillia Ika

GIANYAR, KOMPAS.com - Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah ( Kemenkop dan UKM) meminta kepada pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah ( UMKM) untuk lebih berani dan agresif menggunakan media sosial sebagai wadah promosi usaha.

Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi UKM I Wayan Dipta mengatakan, pemanfaatkan media sosial sebagai sarana promosi sangat penting bagi UMKM saat ini.

Sebab, lanjut Wayan, saat ini pilihan media sosial sudah beragam dari sisi karakteristiknya dan tidak membutuhkan biaya yang besar dalam berpromosi.

"Saya ingin mengajak para perajin kita di sini mulai memanfaatkan aplikasi (media sosial) online ini untuk mempromosikan produk-produk," ujar Wayan saat seminar strategi pemasan online untuk UMKM di sentra produk kerajinan perak, Kecamatan Sukawati, Gianyar, Bali, Jumat (13/10/2017).

(Baca: Tahun 2020 Ditargetkan 80 Persen Produk UMKM Kuasai Pasar E-commerce)

Wayan mengatakan, saat ini UMKM dari berbagai negara sudah lebih masif menggunakan media sosial sebagai sarana promosi produk salah satunya Vietnam, dan Filipina.

Dengan demikian, UMKM Indonesia diharapkan tidak kalah berpromosi di media sosial guna menjaring konsumen.

"Mereka sudah aktif sekali memanfaatkan berbagai aplikasi untuk mempromosikan produk produk mereka," jelasnya.

Paling Efektif

Sementara itu, Chief Executive Officer Young On Top Billy Boen mengungkapkan, pemasaran melalui sosial media merupakan sarana yang efektif. 

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X