Meski Catat Laba Tinggi, CEO Samsung Pilih Mundur dari Jabatan

Kompas.com - 13/10/2017, 13:01 WIB
Kwon Oh-hyun mengundurkan diri dari jabatan CEO Samsung Electronics. SamsungKwon Oh-hyun mengundurkan diri dari jabatan CEO Samsung Electronics.
|
EditorAprillia Ika

SEOUL, KOMPAS.com - CEO Samsung Electronics Kwon Oh-Hyun telah memutuskan untuk mundur dari jabatannya. Beberapa saat sebelumnya, Samsung mengumumkan proyeksi rekor laba operasional sebesar 14,5 triliun won atau 12,8 miliar dollar AS untuk periode kuartal III 2017.

Mengutip CNBC, Jumat (13/10/2017), Kwon menyatakan tidak berminat untuk kembali terpilih sebagai pimpinan Samsung ketika masa jabatannya berakhir pada Maret 2018. Kwon juga mundur sebagai CEO Samsung Display, posisi yang dijabatnya sejak 2016.

Setelah pimpinan Samsung Jay Y Lee dipenjara karena tindak pidana, Kwon menjadi pimpinan Samsung secara de facto. Pada Agustus 2017, pengadilan Korea Selatan mengganjar Lee dengan hukuman penjara selama 5 tahun.

(Baca: Penjualan Meningkat, Samsung Raup Keuntungan di Kuartal Ketiga 2017)

Dalam surat yang ditujukan kepada para pegawai Samsung, Kwon menyatakan bahwa ini adalah saat yang tepat baginya untuk mundur dari jabatannya. Selain itu, menurut Kwon, keputusan ini adalah yang terbaik bagi perusahaan.

"Saya percaya bahwa sekarang ini saatnya bagi perusahaan untuk mulai dari awal lagi, dengan semangat baru dan kepemimpinan lebih muda agar dapat merespon tantangan yang meningkat dan perubahan pada industri TI yang berjalan sangat pesat," tulis Kwon.

Kwon mengungkapkan, saat ini Samsung sangat membutuhkan pemimpin yang baru dan lebih muda. Kwon sendiri bergabung dengan Samsung pada tahun 1985 silam sebagai peneliti dan menjabat CEO sejak tahun 2012.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kompas TV Pada kuartal pertama 2017, penjualan ponsel mencapai 7,3 juta unit.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.