Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Operator Tol Kebon Jeruk-Ulujami Bakal Tambah "Rest Area"

Kompas.com - 13/10/2017, 21:30 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Operator ruas tol JORR W2 Utara (Kebon Jeruk-Ulujami), PT Marga Lingkar Jakarta (MLJ) menyatakan berencana membangun area rehat alias rest area. Pembangunan rest area tersebut dilakukan di atas jalan tol.

Direktur Utama MLJ Edwin Cahyadi menyatakan, rest area tersebut nantinya berlokasi di ruas tol JORR W2 Utara. Ruas tol ini membentang dari Kebon Jeruk, Jakarta Barat hingga Ulujami, Jakarta Selatan dengan panjang mencapai 7,67 kilometer.

"Pembangunan rest area di Ulujami. Lokasinya masih kami ukur," kata Edwin di sela-sela konferensi pers Penerbitan Obligasi MLJ di Jakarta, Jumat (13/10/2017).

(Baca: 85 Persen Pengguna Tol Kebon Jeruk-Ulujami Sudah Pakai Uang Elektronik)

Menurut Edwin, karena masalah lahan yang terbatas, pembangunan rest area tersebut hanya dirancang untuk kendaraan golongan I. Ia menyatakan, rest area akan berlokasi baik di sisi kiri maupun kanan ruas tol.

Rest area yang berada di atas jalan tol ini hanya untuk tenant dan tempat peristirahatan para pengendara di jalan tol.

Adapun lokasi bawah diperuntukkan sebagai Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) dan tempat parkir kendaraan.

"Kalau ini jadi, ini yang pertama kali. SPBU untuk golongan I di bawah, nanti di atas dibangun (lokasi untuk) tenant-tenant," terang Edwin.

Nilai investasi untuk rest area yang luasnya sekitar 3 hektar tersebut mencapai lebih dari Rp 5 miliar. Saat ini, imbuh Edwin, tengah dilakukan proses penjajakan, namun rancangan bangunannya sudah ada.

Edwin menuturkan, pembangunan rest area tersebut diharapkan memberikan kenyamanan bagi pengguna tol. Pasalnya, tidak ada rest area di sepanjang ruas tol Kebon Jeruk hingga Cawang.

Kompas TV Sejumlah tempat bisa disinggahi pemudik selama perjalanan, salah satunya wisata pesona kuliner Indonesia yang berada di Jalur Pantura.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com