Kompas.com - 16/10/2017, 11:00 WIB
Ilustrasi utang fromdebttomillionaire.com, dok. HaloMoney.co.idIlustrasi utang
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Utang saat ini merupakan sebuah hal yang lazim dimata masyarakat. Ditambah dengan pertumbuhan pendapatan masyarakat yang semakin tak mampu untuk mengejar peningkatan biaya. Saat ini inflasi lebih tinggi ketimbang kenaikan penghasilan.

Memiliki utang bukanlah masalah ketika memanajemen uangnya baik. Dalam prinsip keuangan yang sehat, beban cicilan utang setiap orang maksimal adalah 35% dari pendapatan rutin.

Bagi Anda yang sudah terlanjur terjerat masalah utang jangan lari dari utang anda, berikut ini 5 langkah yang dapat Anda lakukan sebagai cara melunasi utang sehingga beban utang Anda lebih ringan:

1. Gunakan Aset untuk Penyelesaian Utang

Cara melunasi utang yang bisa Anda gunakan pertama adalah pikirkan kepemilikan aset yang bisa Anda manfaatkan untuk membayar utang Anda. Pikirkan apakah Anda masih memiliki aset berupa tabungan, deposito, emas, tanah, perhiasan atau aset lain yang berharga dan bisa Anda gunakan untuk melunasi utang.

Mungkin Anda merasa sayang jika menjual aset yang Anda miliki untuk membayar utang. Tetapi, hal ini bisa Anda lakukan agar utang Anda berkuran atau bahkan lunas. Mulailah untuk menabung dan membangun aset kembali setelah seluruh utang Anda lunas.

2. Buat Daftar Prioritas Pembayaran

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hal berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah membuat daftar prioritas utang-utang yang kamu miliki. Mulailah dari utang yang memiliki biaya atau bunga paling mahal. Setelah mengurutkan, mulailah membayar dengan menyelesaikan utang dengan bunga termahal terlebih dahulu.

3. Bernegosiasi dengan Pemberi Utang

Ketika sudah terlanjut terjebak utang. Jangan lari dari utang Anda. Cobalah temui pemberi utang, baik bank ataupun lembaga lain. Sampaikan kondisi keuangan Anda saat ini dengan jujur dan tunjukkan bahwa Anda masih beritikad untuk membayar utang Anda.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.