Kompas.com - 16/10/2017, 13:17 WIB
Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi di Hotel Redtop Jakarta (16/10/2017).  KOMPAS.com/ACHMAD FAUZIMenteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi di Hotel Redtop Jakarta (16/10/2017). 
Penulis Achmad Fauzi
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan melibatkan swasta untuk mengoperasikan kapal ternak. Saat ini, hanya PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) (Pelni) yang mengoperasikan kapal ternak dengan menggunakan Kapal Camar Nusantara I.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, Kemenhub akan menerapkan sistem lelang untuk menentukan perusahaan pelayaran swasta mana yang mengoperasikan kapal ternak.

Menurut dia, banyak perusahaan pelayaran swasta yang tertarik untuk menjadi operator kapal ternak.

"Iya (banyak swasta yang tertarik). Saya lebih cenderung mengupayakan pergerakan sapi ke barat ini jadi lebih baik, dan memanfaatkan ruang kosong yang ada di perkapalan swasta," uhar Budi Karya di Hotel Redtop, Jakarta, Senin (16/10/2017).

(Baca: 6 Kapal Ternak Bakal Dioperasikan di Desember)

Terkait dengan subsidi operasional, Budi Karya akan mencari bentuk subsidi seperti apa yang akan diberikan oleh swasta yang mengoperasikan kapal ternak.

"Jadi begini, saya kan harus mencari suatu bentuk yang baik. Artinya governance bisa mendapat anggaran tapi juga menolong industri," kata dia. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Karena Industrinya juga harus efisien kan, kalau barang diangkut dari sini ada barang, dan disana enggak ada barang, langsung tidak efisien. Ini tentunya kita harus kerja samakan dengan diskusi Bappenas bagaimana kita membuat formula-formula itu."  

Budi Karya menambahkan, tahun depan Kemenhub akan mengevaluasi pelaksanaan kapal ternak ini.

Jika berjalan lancar dan menyelesaikan masalah disparitas harga maka, pihaknya akan memberikan kesempatan swasta lebih banyak untuk mengoperasikan kapal ternak.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.