Kompas.com - 18/10/2017, 09:48 WIB
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) dongkrak PDB koperasi dan rasio kewirausahaan.

Berdasarkan data Kemenkop dan UKM serta BPS, kontribusi koperasi terhadap PDB Nasional naik menjadi 3,99 persen pada 2016.

Sedangkan rasio kewirausahaan nasional yang pada 2014 hanya sebesar 1,65 persen kini melonjak menjadi 3,01 persen.

Menurut Menteri Koperasi dan UKM, AAGN Puspayoga, ini didukung dengan pembangunan infrastruktur darat, laut, dan udara yang memperlancar distribusi barang.

“Kalau distribusi barangnya sudah lancar transaksinya lancar. Kalau transaksi lancar pengusaha bisa memproduksi barang yang lebih berkualitas,” ujar Puspayoga dalam konferensi pers capaian tiga tahun kinerja Jokowi-JK, Selasa (17/10/2017).

Ia juga menambahkan bahwa sektor pariwisata yang meningkat menjadi faktor berkembangnya koperasi dan UKM.

Kemenkop pun tetap konsisten melakukan reformasi koperasi dengan tiga tahapan, reorientasi, rehabilitasi, dan pengembangan.

“Orientasi sekarang adalah kualitas koperasi. Koperasi harus berkualitas tidak perlu banyak-banyak,” ujar Menteri Koperasi dan UKM, AAGN Puspayoga, dalam konferensi pers capaian tiga tahun kabinet kerja, Selasa (17/10/2017).

Ia juga mengatakan setidaknya ada 40 ribu koperasi yang dibubarkan dalam rangka rehabilitasi.

Berdasarkan online database system (ODS) masih ada 153 ribu koperasi yang masih aktif.

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.