Pengadilan Niaga Bakal Gelar Rapat Kreditur Perpanjangan PKPU First Travel

Kompas.com - 18/10/2017, 11:48 WIB
Kuasa Hukum First Travel Rizki Rahmadiansyah tengah menyampaikan keluhan korban di Komisi VIII DPR Kompas.com/Rakhmat Nur HakimKuasa Hukum First Travel Rizki Rahmadiansyah tengah menyampaikan keluhan korban di Komisi VIII DPR
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengadilan Niaga berencana menggelar rapat kreditur dalam masa perpanjangan penundaan kewajiban pembayaran utang (PKPU) terhadap PT First Anugerah Karya Wisata alias First Travel, Rabu (18/10/2017).

"Ini masih mau koordinasi dengan hakim pengawas. (rapat kreditur) kira-kira (dimulai) jam 10.30 atau 11.00," kata salah seorang pengurus perkara PKPU First Travel, Sexio Yuni Noor Sidqi, Rabu.

Anggota pengurus perkara PKPU sudah membahas mengenai rapat kreditur ini. Akhirnya, pada 11 Oktober lalu sudah diputuskan antara hakim pengawas dan pengurus untuk menyelenggarakan rapat kreditur selama tiga kali. Yakni pada 18, 23, dan 30 Oktober 2017.

"Rencananya, pada rapat kreditur hari ini akan disampaikan proposal perdamaian (dari First Travel sebagai debitur) yang sudah diperbaiki," kata Sexio.

Sebelumnya Pengadilan Niaga menetapkan perpanjangan masa PKPU First Travel selama 30 hari. Perpanjangan masa PKPU dilakukan karena proposal perdamaian yang diajukan First Travel kepada kreditur belum memberikan kepastian untuk memberangkatkan jamaah.

Berdasarkan UU Kepailitan dan PKPU, First Travel memiliki maksimal waktu 270 hari untuk bernegosiasi dengan para krediturnya demi mencapai perdamaian. Tim pengurus mencatat, total tagihan First Travel mencapai Rp 1 triliun dengan krediturnya terdiri dari calon jamaah, para vendor, pajak, dan para agen.

Kompas TV Ada Cuci Uang di Kasus First Travel?
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.