5 Tips Sukses Bagi Freelancer

Kompas.com - 18/10/2017, 17:00 WIB
Ilustrasi THINKSTOCK.COMIlustrasi
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjadi freelancer atau pekerja lepas merupakan pekerjaan yang banyak dipandang masyarakat sebagai pekerjaan yang serabutan.

Namun, adapula yang beranggapan bahwa pekerjaan tersebut merupakan pekerjaan yang menyenangkan karena Anda tidak terikat dengan pekerjaan yang resmi dan bisa bekerja sesuai dengan hobi Anda.

Jika Anda seorang freelancer pasti Anda akan bekerja sesuai dengan proyek yang Anda dapatkan.

Jika itu terjadi, penghasilan yang Anda dapat akan lebih banyak dari penghasilan karyawan tetap.

(Baca: Tips Menghasilkan Uang dari Rumah)

Tetapi bukan tidak mungkin suatu waktu Anda akan kekurangan uang karena sedang tidak mendapatkan pekerjaan.

Berikut ini lima tips yang dapat Anda lakukan agar tetap bisa sukses meskipun tak punya pekerjaan tetap dilansir dari jobplanet.com.

1. Berkomitmen dengan diri sendiri

Menjadi freelancer merupakan pekerjaan yang menyenangkan karena Anda akan memiliki keleluasan sendiri dalam mengatur sistem kerja Anda. Mulai dari waktu, lokasi kerja, atau hal-hal lain. Anda hanya perlu menargetkan pekerjaan itu selesai seperti deadline yang diberikan oleh klien Anda. Oleh karena itu, Anda harus memiliki komitmen terhadap diri Anda sendiri. Jika Anda tidak berkomitmen dengan diri sendiri, bisa jadi jasa Anda tidak akan digunakan lagi oleh klien Anda.

2. Jaga hubungan baik

Memiliki kenalan atau koneksi yang luas dan banyak merupakan salah satu kunci menjadi freelancer yang sukses. Hal ini disebabkan karena dari koneksi yang luaslah proyek-proyek akan datang. Oleh karena itu, jagalah hubungan Anda dengan teman-teman atau kenalan Anda. Apalagi dengan orang yang Anda anggap bisa memberikan Anda proyek nantinya. Jangan hanya fokus pada target kerja dari klien Anda saja, tetapi iringi juga dengan sikap dan perilaku yang positif.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X