Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setahun Menjabat, CEO Malaysia Airlines Hengkang

Kompas.com - 19/10/2017, 06:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - CEO Malaysia Airlines Peter Bellew memutuskan untuk mengundurkan diri dari jabatannya. Padahal, Bellew baru sekitar setahun menjabat posisi tersebut.

Hengkang dari Malaysia Airlines, Bellew kembali ke maskapai penerbangan Eropa Ryanair, di mana sebelumnya ia berkarier. Bellew bakal menjabat direktur operasional pada maskapai penerbangan asal Irlandia tersebut.

Mengutip AFP, Kamis (19/10/2017), mundurnya Bellew dipandang sebagai kejutan terakhir bagi Malaysia Airlines yang memang tengah memperbaiki kinerja setelah dua tragedi menimpa pada tahun 2014 lalu.

Bellew ditarik kembali ke Ryanair untuk membenahi maskapai tersebut yang tengah menghadapi krisis. Akibat krisis tersebut, ribuan penerbangan terpaksa harus dibatalkan.

(Baca: Mantan CEO Malaysia Airlines Putuskan Hijrah ke Emirates)

Ia adalah CEO ketiga bagi Malaysia Airlines sejak tahun 2014. Kala itu, maskapai penerbangan nasional Malaysia tersebut terjun ke jurang krisis sejak hilangnya MH370 dan jatuhnya MH17 di Ukraina.

Pernyataan dari Ryanair kepada Bursa Saham London menyebut, tugas baru Bellew adalah fokus pada pengelolaan dan pengaturan para pilot.

Bellew harus memastikan bahwa kegagalan jadwal terbang pilot yang dialami Ryanair tidak akan terulang kembali.

Kompas TV Pesawat dengan kode nomor penerbangan MH-128 ini terpaksa kembali ke bandara asal di Tullamarine, Melbourne.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com