Lokakarya Teh Kreatif Indonesia di Los Angeles

Kompas.com - 19/10/2017, 06:30 WIB
Ilustrasi teh hitam SasaJoIlustrasi teh hitam
|
EditorAprillia Ika

LOS ANGELES, KOMPAS.com - Tradisi teh yang begitu kental dalam adat Indonesia untuk pertama kalinya ditampilkan dengan inovasi segar kepada para penikmat teh di Amerika Serikat (AS).

Melalui lokakarya Teh Kreatif Indonesia, perwakilan Indonesia di AS berusaha semakin menarik minat warga AS terhadap teh Indonesia.

Sebagai daya tarik, salah satu inovasi minuman teh yaitu ginger tea latte didemonstrasikan dalam lokakarya tersebut. Lokakarya teh berlangsung di Chado Tea Room, Downtown Los Angeles, California, AS pada Sabtu, 6 Oktober 2017.

(Baca: Warga Los Angeles Antusias Serbu Teh Indonesia di Acara Explore Indonesia 2017)

Menurut Antonius A. Budiman, Kepala Indonesia Trade Promotion Center (ITPC) Los Angeles Lokakarya teh ini bertujuan mengedukasi pasar AS mengenai tradisi, sejarah, dan inovasi teh Indonesia.

Peserta lokakarya yang hadir adalah CEO bisnis teh setempat seperti Tekola Tea, barista kedai kopi, mahasiswa dan pelajar, serta para penikmat teh.

Lokakarya ini menghadirkan salah satu perintis perkebunan teh organik Indonesia, Melanie Halim. Melanie mengawali lokakarya dengan berkisah tentang sejarah tradisi teh di Indonesia. Melanie juga menceritakan berbagai representasi teh dalam budaya Indonesia seperti teh tegal dan teh talua.

Sesi dilanjutkan dengan demonstrasi pembuatan ginger tea latte oleh seorang Tea Master, Inggrie Wijaya. Ginger tea latte cocok untuk masyarakat AS, terutama di musim dingin.

Dalam lokakarya ini juga ditampilkan untuk pertama kalinya cara mengolah teh
yang hip a la latte, yang telah menjamur di berbagai kafe di AS.

Selain itu, teh jahe juga turut diperkenalkan dalam lokakarya ini. Antonius mengungkapkan bahwa kreasi-kreasi teh seperti ini sangat menarik minat masyarakat AS. Selain varian teh jahe, peserta lokakarya juga dapat menikmati ragam teh oolong, teh putih, dan teh hitam hasil kebun teh organik Harendong di Banten.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.