Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Miliarder Ini Sumbang 80 Persen Kekayaannya untuk Amal

Kompas.com - 19/10/2017, 06:45 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber CNBC

NEW YORK, KOMPAS.com - Miliarder George Soros baru-baru ini memutuskan untuk menyumbangkan sebagian besar kekayannya untuk organisasi amal. Soros mentransfer dana sebesar 18 miliar dollar AS kepada yayasan Open Society Foundations.

Yayasan tersebut bekerja di lebih dari 100 negara, dengan menghadirkan beragam program yang fokus pada pemulihan para pengungsi, kesehatan umum, dan banyak topik lainnya.

Diberitakan CNBC, Kamis (19/10/2017), dana sebesar 18 miliar dollar AS tersebut adalah 80 persen dari kekayaan yang dimiliki Soros. Sebelum menyumbangkan dana itu, kekayaan Soros mencapai 23 miliar dollar AS, menurut data Forbes.

Soros mulai beramal pada tahun 1979, sembilan tahun setelah meluncurkan Soros Fund Management. Lembaga keuangan tersebut akhirnya mengantarkan Soros menjadi orang supertajir di AS.

(Baca: Usai Nikahkan Anak, Miliarder Ini Rugi Besar)

Selama kurang lebih 40 tahun terakhir, Soros telah menyumbang sebesar 12 miliar dollar AS untuk kegiatan amal.

Program amal pertama Soros adalah memberikan beasiswa kepada warga Afrika Selatan ketika negara itu masih mengalami politik apartheid.

Kompas TV Setelah tak lagi menjadi Presiden Amerika Serikat, Barack Obama menjalani liburan yang menyenangkan di Kepulauan Karibia. Mantan Presiden AS ini ditantang untuk melakukan kitesurfing


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com