Tahun Depan, Tarif Cukai Naik 10,04 Persen

Kompas.com - 19/10/2017, 14:29 WIB
Menko Perekonomian Darmin Nasution(kiri) saat memberikan sambutan pada pameran lomba foto pembangunan infrastruktur  yang ada di seluruh Indonesia di Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Minggu (27/8/2017). Lomba yang diselenggarakan Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) mengusung tema Di Darat, Laut, dan Udara Infrastruktur Kita Bangun KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOBMenko Perekonomian Darmin Nasution(kiri) saat memberikan sambutan pada pameran lomba foto pembangunan infrastruktur yang ada di seluruh Indonesia di Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Minggu (27/8/2017). Lomba yang diselenggarakan Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) mengusung tema Di Darat, Laut, dan Udara Infrastruktur Kita Bangun
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah akan menaikan tarif cukai sebesar 10,04 persen pada 2018. Keputusan itu diambil setelah rapat terbatas di Istana Merdeka terkait cukai rokok.

"Ya memang kenaikannya tidak besar hanya 10,04 persen," ujar Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution di Jakarta, Kamis (19/10/2017).

Menurut Darmin, kenaikan tarif cukai sebesar 10,04 persen tidak terlalu tinggi. Angka itu juga sudah mempertimbangkan usulkan tarif cukai yang lebih tinggi dan lebih rendah dari berbagai pihak.

Selain soal kenaikan tarif cukai rokok, tutur Darmin, Presiden Jokowi juga meminta agar jajaran menterinya untuk mulai memikirkan pengurangan tanaman tembakau oleh para petani.

(Baca: Produsen Rokok Minta Kenaikan Cukai Rokok Maksimal 5 Persen)

Nantinya, para petani tembakau akan coba dialihkan untuk menanam tanaman lain selain tembakau.

"Ya makanya tadi itu permintaannya (Presiden) harus mulai dipikirkan. Tetapi saya tidak bilang kita sudah siap sekarang," kata Darmin.

Pada September 2017 lalu, Menteri Keuangan Sri Mulyani sudah menaikan rata-rata tarif cukai rokok sebesar 10,54 persen. Keputusan itu ada di Peraturan Menteri Keuangan No 147/PMK.010/2016.

Kompas TV Selain rokok, minuman keras ilegal juga dimusnahkan Bea Cukai.

 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X