Bank Mandiri dan Citilink Terbitkan Uang Elektronik

Kompas.com - 19/10/2017, 15:54 WIB
Logo Bank Mandiri di Plaza Mandiri, Jakarta. KOMPAS.com/SAKINA RAKHMA DIAH SETIAWANLogo Bank Mandiri di Plaza Mandiri, Jakarta.
|
EditorMuhammad Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Mandiri Tbk menjalin kerja sama dengan maskapai PT Citilink Indonesia dalam penerbitan uang elektronik. Ini adalah upaya perseroan dalam memperkuat layanan digital banking.

Direktur Distributions Bank Mandiri Hery Gunardi menyatakan, para pemegang uang elektronik Citilink Indonesia akan dapat melakukan proses isi ulang di seluruh jaringan elektronik Bank Mandiri.

"Termasuk ATM, Mandiri Online, serta aplikasi khusus isi ulang untuk pengguna telepon pintar dengan fitur NFC, tanpa biaya tambahan karena memiliki logo Mandiri e-money," jelas Hery di Jakarta, Kamis (19/10/2017).

Sementara itu, Direktur Utama Citilink Indonesia Juliandra Nurtjahjo menuturkan, kerja sama dengan Bank Mandiri akan menjadikan Citilink Indonesia maskapai pertama di Indonesia yang memiliki dan menggunakan uang elektronik dalam transaksi layanan produk penerbangannya.

Dijelaskannya, uang elektronik Citilink Indonesia akan memiliki tiga desain eksklusif. Uang elektronik ini bisa didapatkan pelanggan di dalam pesawat saat melakukan penerbangan bersama Citilink Indonesia.

Nantinya, tambah Juliandra, uang elektronik Citilink Indonesia juga akan dapat dipergunakan di 30.000 merchant Bank Mandiri di seluruh Indonesia. Pun ke depannya akan dipergunakan sebagai alat pembayaran transaksi seperti pembelian tiket dan pembayaran layanan produk Citilink Indonesia lainnya seperti  makanan dan minuman dalam pesawat (SOB), dan kelebihan bagasi di bandara.

Hingga akhir Agustus 2017 lalu, jumlah uang elektronik berlogo Mandiri e-money yang telah diterbitkan mencapai lebih dari 10 juta keping. Adapun frekuensi transaksi lebih dari 300 juta transaksi senilai Rp 3,4 triliun.

Hery melanjutkan, saat ini hampir 95 persen transaksi nasabah Bank Mandiri telah dilakukan melakukan jaringan elektronik perseroan.

Data pada Januari-Agustus 2017 memperlihatkan jaringan elektronik Bank Mandiri melayani lebih dari 6 juta transaksi per hari dengan transaksi finansial harian hingga Rp 6,3 triliun.

“Dari data tersebut, channel elektronik yang paling sering digunakan nasabah adalah Mandiri ATM dengan frekuensi 3,6 juta transaksi per hari dan transaksi finansial harian sebesar Rp 3 triliun,” kata Hery.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X