Operasional AirAsia di Bandara Changi Pindah ke Terminal 4

Kompas.com - 19/10/2017, 18:25 WIB
Ilustrasi FREEPIK.com/STOCKSNAPIlustrasi
|
EditorMuhammad Fajar Marta

SINGAPURA, KOMPAS.com - Maskapai AirAsia bakal memindahkan operasionalnya di Bandara Changi Singapura, dari Terminal 1 ke Terminal 4. Rencananya, operasional tersebut mulai efektif pada 7 November 2017.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, CEO AirAsia Singapura Logan Velaitham mengatakan perpindahan operasional ke Terminal 4 yang berfasilitas mutakhir dengan layanan otomatis untuk seluruh penerbangan yang berangkat dan tiba di Singapura sejalan dengan visi AirAsia menjadi maskapai penerbangan digital.

"Tahun ini, fokus kami di Singapura adalah untuk menerapkan layanan Fast and Seamless Travel (FAST). Kami berkolaborasi dengan Changi Airport Group (CAG) untuk mengotomatisasi dan terus berinovasi meningkatkan pengalaman pelanggan dalam melakukan check-in dan selama berada di bandara," kata Velaitham, Kamis (19/10/2017).

Penumpang AirAsia yang terbang di Bandara Changi, akan mendapat layanan serba otomatis sejak tiba hingga ke gerbang keberangkatan. Sistem tersebut terintegrasi dengan layanan AirAsia melalui aplikasi mobile dan situs web. Para petugas di lapangan juga telah diminta untuk membantu pelanggan yang membutuhkan layanan tambahan saat check-in.

"Seperti membeli asuransi perjalanan, koneksi Wi-Fi dalam penerbangan, atau layanan kursi Hot Seat," kata Velaitham.

Nantinya, seluruh penerbangan AirAsia akan berangkat dan tiba dari Terminal 4. Sedangkan jadwal keberangkatan dan ketibaan penerbangan tidak akan mengalami perubahan akibat perpindahan tersebut.

Pelanggan yang terbang dari Terminal 4 disarankan untuk tiba di bandara, tiga jam sebelum keberangkatan. Dengan demikian, pelanggan dapat memiliki waktu yang cukup untuk melalui keseluruhan proses di terminal baru. Sementara pelanggan yang tiba di Terminal 4 disarankan untuk menginformasikan penjemput sehubungan dengan perubahan operasional ini.

Adapun Terminal 4 dapat dicapai dengan menggunakan taksi, kendaraan pribadi, bus, maupun kendaraan sewaan. Pelanggan yang menggunakan layanan Mass Rapid Transit alias MRT dapat menuju ke area kedatangan Terminal 2 untuk naik bus antar jemput gratis yang akan mengantar ke Terminal 4. Layanan bus antar jemput ini tersedia setiap 10 menit selama 24 jam, setiap hari dalam seminggu.

Di Terminal 4, AirAsia akan menyediakan 19 kioscheck-in, 14 mesin auto bag drop, dua loket pemeriksaan dokumen dan dua loket pembayaran di baris 4, dengan layanan check-in untuk grup yang tersedia di baris 5.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X