Pimpinan BP Batam Ditantang Kerek Ekonomi Hingga 7 Persen

Kompas.com - 19/10/2017, 21:20 WIB
Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution bersama pejabat baru BP Batam di Kantor Kementerian Koordinator Perekonomian, Jakarta, Kamis (19/10/2017) KOMPAS.com/YOGA SUKMANAMenteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution bersama pejabat baru BP Batam di Kantor Kementerian Koordinator Perekonomian, Jakarta, Kamis (19/10/2017)
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorMuhammad Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah memberikan berbagai tugas kepada jajaran pejabat anyar Badan Pengusahaan (BP) Batam. Salah satunya yaitu target mengembalikan pertumbuhan ekonomi Batam sebagai lokomotif pertumbuhan ekonomi kawasan.

"Dalam dua tahun ke depan hendaknya mampu mengembalikan pertumbuhan ekonomi Batam sebesar 7 persen," ujar Menko Perekonomian Darmin Nasution saat melantik pejabat baru BP Batam, Jakarta, Kamis (19/10/2017).

Target pertumbuhan ekonomi Batam sebesar 7 persen jauh lebih besar dari dua tahun terakhir. Sebab pada 2016 dan 2017, ekonomi Batam hanya tumbuh 5,4 persen dan di bawah 2 persen pada 2017.

Kepala BP Batam yang baru dilantik, Lukita Dinarsyah Tuwo, menyatakan kesanggupannya mencapai target yang diberikan oleh pemerintah itu. Sektor yang diandalkan yaitu sektor investasi yang sudah menjadi tulang punggung ekonomi Batam.

BP Batam tutur Lukita, akan berupaya menjaga agar investor yang sudah ada betah di Batam. Di sisi lain, pihaknya akan berupaya menarik investasi secara besar-besaran ke Batam.

"Caranya bagaimana? tentu kita harus memperbaiki pelayanan-pelayanan, memberikan kemudahan, tentu membangun sarana dan prasarana yang dibutuhkan," kata dia.

Selain itu, pimpinan baru BP Batam juga diberikan tugas diantaranya menyelesaikan dualisme dan membangun sinergi dengan semua pemangku kepentingan, mempercepat transformasi dati kawasan ekonomi bebas menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kami memberikan komitmen, dalam waktu dua tahun, Insya Allah kami bisa mengembalikan ekonomi batam, cita-citanya kita akan bekerja keras, untuk mencapai pertumbuhan ekonomi 7 persen," kata Lukita.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.