Kompas.com - 19/10/2017, 21:39 WIB
|
EditorMuhammad Fajar Marta

NATUNA, KOMPAS.com – Pada Rabu (18/10/2017), Kompas.com berkesempatan menyambangi lokasi Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) Selat Lampa di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau.

SKPT ini merupakan bentukan Kementerian Kelautan dan Perikanan pimpinan Menteri Susi Pudjiastuti yang rencananya diresmikan Presiden Joko Widodo pada November 2017.

Meski belum diresmikan, SKPT tersebut sudah beroperasi sebagian. “Ada dua ruang simpan berpendingin yang masing-masing berkapasitas 100 ton sudah beroperasi,” kata Manajer Unit Perum Perikanan Indonesia di Natuna, Yogi Adri, Rabu (18/10/2017) malam.

Di area kompleks tersebut tak hanya ada gudang penyimpanan berpendingin. Di lokasi itu juga tersedia lahan untuk pelelangan, kantor administrasi, dan tempat sandar kapal terbuka.

Tepat di pintu masuk SKPT, berlokasi pangkalan TNI AL.  Kedua bangunan mendominasi area pantai di kawasan tersebut, cukup terpisah dengan Pelabuhan Lampa di Pulau Tiga, pelabuhan lama yang sebelumnya merupakan tempat sandar kapal pengangkut bahan bakar minyak.

Kompas.com sempat masuk ke gudang penyimpanan. Di areal tersebut tak hanya ada dua cold storage tetapi juga ada beragam ruang lain. Ruang paling luas merupakan tempat pemilihan ikan tangkapan nelayan. “Pemilahan dilakukan berdasarkan jenis, ukuran, dan kondisi,” kata Yogi.

Sebelumnya, ikan masuk melalui sisi Barat gedung, dengan pintu masuk khusus. Tak sembarang orang boleh masuk hingga ke bagian dalam gedung, antara lain ditandai dengan kewajiban pengenaan seragam khusus dan tempat pembersihan diri di dekat pintu masuk.

Khusus ruang penyimpanan berpendingin, aturan masuk lebih ketat. Ruangan ini memiliki suhu hingga minus 25 derajat Celcius.

Terkait dengan keberadaan ruang penyimpan berpendingin dan kompleks SKPT Selat Lampa, PT PLN (Persero) Wilayah Riau dan Kepulauan Riau sampai membangun satu Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) baru, yaitu PLTD Selat Lampa, dengan kapasitas terpasang sebesar 5 Mega Watt.

Sebelum ada pembangunan PLTD Selat Lampa yang sekarang sudah memasuki tahap uji performa, PLN sudah mengalokasikan khusus tiga mesin pembangkit di lokasi SKPT dengan total kapasitas terpasang sebesar 1 MW. Meski begitu, dengan pemanfaatan saat ini, SKPT Selat Lampa baru menggunakan 85 Watt dari kapasitas itu.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.