Kompas.com - 21/10/2017, 16:42 WIB
|
EditorMuhammad Fajar Marta

LOMBOK TENGAH, KOMPAS.com - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk perlahan mulai memperbaiki rasio kredit bermasalah (non-performing loan/NPL). Hingga akhir tahun 2017, BTN menargetkan rasio NPL dapat mencapai 2,8 persen.

Direktur BTN Nixon LP Napitupulu menjelaskan, per September 2017, rasio NPL perseroan sudah turun ke 3,07 persen. Sebelumnya, per Juni 2017, NPL perseroan berada pada posisi 3,2 persen.

Nixon menjelaskan, untuk menekan NPL, perseroan banyak melakukan penyelesaian. Akan tetapi, imbuh dia, perseroan juga tetap melakukan sejumlah restrukturisasi.

"Yang paling banyak pasti kita melakukan penyelesaian, jual, renovasi, memang ada restrukturisasi," ujar Nixon di sela-sela peresmian operasional Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Nixon mengungkapkan, NPL pada segmen kredit pemilikan rumah (KPR) subsidi turun signifikan. Namun demikian, NPL pada segmen KPR nonsubsidi masih meningkat.

"Harus diakui juga yang KPR nonsubsidi selain penjualannya menurun, NPL juga masih merangkak naik. Mudah-mudahan bisa flat," ungkap Nixon.

Hingga akhir tahun 2017 ini, BTN menargetkan NPL dapat ditekan hingga di bawah 2,8 persen. Saat ini, tutur Nixon, BTN tengah menjalani beberapa restrukturisasi pada segmen KPR, baik yang subsidi maupun nonsubsidi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.