Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BTN Tekan Rasio Kredit Bermasalah

Kompas.com - 21/10/2017, 16:42 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

LOMBOK TENGAH, KOMPAS.com - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk perlahan mulai memperbaiki rasio kredit bermasalah (non-performing loan/NPL). Hingga akhir tahun 2017, BTN menargetkan rasio NPL dapat mencapai 2,8 persen.

Direktur BTN Nixon LP Napitupulu menjelaskan, per September 2017, rasio NPL perseroan sudah turun ke 3,07 persen. Sebelumnya, per Juni 2017, NPL perseroan berada pada posisi 3,2 persen.

Nixon menjelaskan, untuk menekan NPL, perseroan banyak melakukan penyelesaian. Akan tetapi, imbuh dia, perseroan juga tetap melakukan sejumlah restrukturisasi.

"Yang paling banyak pasti kita melakukan penyelesaian, jual, renovasi, memang ada restrukturisasi," ujar Nixon di sela-sela peresmian operasional Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Nixon mengungkapkan, NPL pada segmen kredit pemilikan rumah (KPR) subsidi turun signifikan. Namun demikian, NPL pada segmen KPR nonsubsidi masih meningkat.

"Harus diakui juga yang KPR nonsubsidi selain penjualannya menurun, NPL juga masih merangkak naik. Mudah-mudahan bisa flat," ungkap Nixon.

Hingga akhir tahun 2017 ini, BTN menargetkan NPL dapat ditekan hingga di bawah 2,8 persen. Saat ini, tutur Nixon, BTN tengah menjalani beberapa restrukturisasi pada segmen KPR, baik yang subsidi maupun nonsubsidi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com