Kompas.com - 23/10/2017, 06:22 WIB
Ilustrasi bank ShutterstockIlustrasi bank
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Perbankan harus bersiap margin bank ke depan tak setebal saat ini. Hal ini karena diproyeksi persaingan semakin ketat.

Mengutip Kontan, Senin (23/10/2017), Ketua Bidang Pengkajian dan Pengembangan Perbanas, Aviliani, menuturkan margin bunga bersih (NIM) bank diproyeksikan akan terus menurun secara bertahap.

"Karena persaingan semakin ketat ke depan terutama dari fintech," kata Avi kepada Kontan.co.id, Jumat (20/10/2017).

Menurut Avi, fintech nantinya akan banyak mengambi pangsa pasar kredit UKM bank. Selama ini seperti diketahui, laba bank bisa besar utamanya dari segmen ini.

Kepala Group Risiko Perekonomian dan Sistem Keuangan LPS Dody Arifianto memproyeksi kan, pada tahun depan NIM bank akan berada dikisaran 5,2 persen.

"Bunga kredit turun seiring dengan biaya dana yang turun," kata Dody.

Untuk menutupi turunnya margin, bank bisa mencari sumber alternatif sumber pendapatan non bunga (fee based). Sumber pendapatan non bunga ini bisa dari pengembangan produk baru.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu menurut Avi, efisiensi secara cepat harus mau tidak mau dilakukan bank. Tahun depan, fokus bankir diproyeksi masih akan berkutat pada perbaikan kualitas kredit dan mencoba meningkatkan ekspansi kredit.

 

Berita ini diambil dari Kontan.co.id dengan judul: Digerogoti fintech, margin bank bisa turun

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.