Transaksi Nontunai Jalan Tol, Suplai Uang Elektronik akan Diperbanyak

Kompas.com - 23/10/2017, 13:46 WIB
Konferensi Pers Menuju Implementasi 100 Persen Nontunai Pembayaran di Jalan Tol , Senin (23/10/2017). KOMPAS.com/NURANDINI ALYA SAMKonferensi Pers Menuju Implementasi 100 Persen Nontunai Pembayaran di Jalan Tol , Senin (23/10/2017).
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia bersama Kementerian Perumahan dan Pekerjaan Umum (PUPR) terus memperkuat koordinasi demi memastikan kesiapan teknis, bisnis dan kampanye serta edukasi secara masif terhadap penerapan pembayaran secara nontunai menggunakan uang elektronik (UE) di seluruh ruas jalan tol Indonesia pada 31 Oktober 2017 mendatang.

Pada tanggal 20 Oktober 2017 penggunaan transaksi nontunai secara nasional telah mencapai 88 persen dan empat ruas jalan tol telah mencapai 100 persen nontunai yaitu ruas tol Bogor Ringroad, JORR W1, Surabaya-Gresik, dan Bali Mandara.

Menuju penerapan implementasi 100 persen elektronifikasi jalan tol koordinasi terus dilakukan untuk memastikan kesiapan aspek teknis.

Langkah-langkah yang dilakukan antara lain melalui percepatan pemasangan SAM Mutiapplet, menjaga kewajaran harga kerjasama integrasi uang elektronik, implementasi SOP pemrosesan transaksi antara Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) dan perbankan, serta penerapan monitoring peralatan.

Untuk memudahkan masyarakat memperoleh uang elektronik, terus dilakukan pemenuhan kartu perdana uang elektronik, termasuk melalui program kartu perdana dengan harga khusus.

Selain itu penambahan lokasi layanan top up di sekitar rest area jalan tol maupun pada jaringan toko ritel terus dilakukan. Edukasi kampanye terus ditingkatkan oleh BI, Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), BUJT dan perbankan.

"Top up idealnya dilakukan di gerai-gerai, minimarket, atau melalui e-banking. Kami akan mengantisipasi berkurangnya pengguna jalan tol yang melakukan top up di gardu," jelas kepala BPJT, Herry Trisaputra Zuna pada Senin (23/10/2017).

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X