KAI Terapkan "E-Boarding Pass" untuk Kereta Jarak Jauh

Kompas.com - 24/10/2017, 07:02 WIB
Boarding pass sesuai dengan identitas penumpang, akan keluar setelah mengisi kode booking pada mesin check-in. dok KAIBoarding pass sesuai dengan identitas penumpang, akan keluar setelah mengisi kode booking pada mesin check-in.
Penulis Achmad Fauzi
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyediakan fasilitas e-boarding pass dalam perjalanan kereta api jarak jauh.

Melalui fasilitas ini, penumpang kereta jarak jauh cukup menunjukkan boarding pass elektronik di smartphone.

Senior Manager Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Suprapto mengatakan, untuk mendapatkan e-boarding pass harus mengunduh aplikasi KAI Access terlebih dahulu di smartphone.

"Tentunya, dengan adanya e-boarding pass, para pengguna transportasi moda kereta api semakin dimudahkan. Pasalnya, penumpang cukup menunjukkan e-boarding pass yang terpampang pada layar smartphone mereka kepada petugas boarding, tanpa harus ke mesin cetak boarding pass CIC (Check In Counter)," ujar Suprapto dalam keterangannya, Senin (23/10/2017).

E-boarding pass telah dirilis sejak 2 Oktober 2017 dan hanya dapat diterbitkan khusus untuk pemesanan tiket kereta via kai access versi terbaru.

"Jika sudah mendapatkan e-boarding pass melalui aplikasi kai access, otomatis penumpang tidak dapat mencetak boarding pass di mesin CIC di stasiun, atau sebaliknya," jelas dia.

"Petugas loket wajib memeriksa kode booking melalui menu history transaksi atau kolom kode booking pada aplikasi Rail Ticket System (RTS) untuk mengetahui status pencetakan bukti transaksi (blanko putih) atau boarding pass," pungkas dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.