Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KAI Terapkan "E-Boarding Pass" untuk Kereta Jarak Jauh

Kompas.com - 24/10/2017, 07:02 WIB
Achmad Fauzi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyediakan fasilitas e-boarding pass dalam perjalanan kereta api jarak jauh.

Melalui fasilitas ini, penumpang kereta jarak jauh cukup menunjukkan boarding pass elektronik di smartphone.

Senior Manager Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Suprapto mengatakan, untuk mendapatkan e-boarding pass harus mengunduh aplikasi KAI Access terlebih dahulu di smartphone.

"Tentunya, dengan adanya e-boarding pass, para pengguna transportasi moda kereta api semakin dimudahkan. Pasalnya, penumpang cukup menunjukkan e-boarding pass yang terpampang pada layar smartphone mereka kepada petugas boarding, tanpa harus ke mesin cetak boarding pass CIC (Check In Counter)," ujar Suprapto dalam keterangannya, Senin (23/10/2017).

E-boarding pass telah dirilis sejak 2 Oktober 2017 dan hanya dapat diterbitkan khusus untuk pemesanan tiket kereta via kai access versi terbaru.

"Jika sudah mendapatkan e-boarding pass melalui aplikasi kai access, otomatis penumpang tidak dapat mencetak boarding pass di mesin CIC di stasiun, atau sebaliknya," jelas dia.

"Petugas loket wajib memeriksa kode booking melalui menu history transaksi atau kolom kode booking pada aplikasi Rail Ticket System (RTS) untuk mengetahui status pencetakan bukti transaksi (blanko putih) atau boarding pass," pungkas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com