Penerbangan Batik Air Jakarta-Medan Alami Turbulensi Hebat

Kompas.com - 25/10/2017, 13:59 WIB
Pesawat  Batik Air KOMPAS.com / APRILLIA IKAPesawat Batik Air
Penulis Achmad Fauzi
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Penerbangan Batik Air dengan nomor ID 6890 yang menggunakan Pesawat Boeing 737-800 NG rute Jakarta-Medan mengalami guncangan atau turbulensi hebat pada Selasa (24/10/2017).

Turbulensi tersebut terjadi saat pesawat sedang terbang di wilayah udara Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), Sumatera Utara. 

Humas Lion Group, Ramaditya Handoko menerangkan, pesawat mengalami guncangan yang cukup kuat  dalam cuaca yang tidak berawan atau dikenal dengan istilah "Clear Air Turbulance" (CAT).

Saat itu, ungkap Rama, pesawat Batik Air tersebut mengangkut 114 penumpang dan 7 awak pesawat. 

(Baca: Turbulensi Hebat Terpa Dua Pesawat, Apa yang Sebenarnya Terjadi di Langit Indonesia?)

"Pesawat  yang diterbangkan Capt. Rizky Nusa (seorang pilot senior) mendarat dengan baik dan sempurna di Bandara Internasional Kualanamu (Medan)," ujar Ramaditya dalam keterangannya, Rabu (25/10/2017).

Namun, setelah mendarat diketahui ada satu orang penumpang dan satu orang awak kabin mengalami cedera, sedangkan penumpang dan awak pesawat lainnya dalam keadan sehat.

Kedua korban langsung di bawa ke Klinik Kesehatan Bandara, setelah dilakukan pengecekan oleh Dokter Kesehatan Bandara diketahui penumpang atas nama Hoen Tjeng Ke mengalami patah tulang belakang dan awak kabin atas nama Sasi Yuni Triastuti mengalami patah kaki. 

Selanjutnya, kedua korban di rujuk ke Rumah Sakit Grand Medistra untuk dilakukan perawatan lanjutan. Sementara, penumpang lainnya setelah mengambil bagasi masing-masing langsung meninggalkan Bandara Kualanamu.  

(Baca: Ini Kata Pilot Senior Soal Turbulensi)

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X