IHSG Tembus Level 6.000, Bagaimana Kontribusi Terhadap Ekonomi?

Kompas.com - 25/10/2017, 16:46 WIB
Suasana pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin (25/9/2017). KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNGSuasana pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin (25/9/2017).
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) kembali mencetak rekor baru dengan menembus level 6.000 pada perdagangan saham Rabu, (25/10/2017).

Dengan mencapai rekor baru tersebut lantas bagaimana kontribusi IHSG terhadap perekonomian nasional?

Reza Priyambada Analis PT Binaartha Sekuritas mengatakan, pencapaian rekor baru IHSG pada perdagangan saham pekan ini tidak serta-merta memberikan dampak signifikan pada perkonomian nasional.

Menurut Reza, pencapaian rekor tersebut lebih berdampak besar kepada investor di pasar saham.

(Baca: Kapitalisasi Pasar Bursa Efek Indonesia Tembus Rp 6.600 Triliun

"Pergerakan indeks yang mencapai level 6.000 untuk kontribusi ke ekonomi nasional sebenarnya enggak terlalu besar, karena itu kan kembali lagi, putaran uang di investor," ujar Reza kepada Kompas.com, Rabu (25/10/2017).

Menurutnya, dari sisi investor, jika mendapatkan keuntungan dalam perdagangan saham, maka keuntungan dari perdagangan saham akan dikembalikan ke pasar saham dengan bertransaksi membeli saham baru.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Investor itu setelah dia mendapatkan keuntungan tentu dia akan membelanjakan lagi keuntungan tersebut untuk bertransaksi saham, yang artinya efek buat perekonomian nasional itu sebenarnya enggak terlalu signifikan," kata Reza.

Reza mengatakan, jika ingin pasar saham memberikan kontribusi besar terhadap perekonomian nasioal, maka yang diperlukan adalah meningkatkan perusahaan untuk melakukan pencatatan saham pada bursa.

"Kecuali kalau banyak calon-calon emiten yang mencatatkan sahamnya di bursa, itu mungkin ada efeknya," lanjut dia. 

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.