Sri Mulyani: Aplikasi Online Sudah Jadi Keseharian Anak Muda

Kompas.com - 26/10/2017, 15:41 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani menjelaskan sedang ada pergeseran tren yang terjadi, yakni dari offline menjadi online.

Dia mencontohkan, saat ini, banyak masyarakat Indonesia yang bergantung pada aplikasi online dalam memenuhi kebutuhannya.

"Contohnya kalau kita lihat dari pergerakan ekonomi Indonesia, jumlah orang yang melakukan transaksi online meningkatnya luar biasa besar. Kalau kita lihat dari tahun 2014 yang mulai dengan hanya 20 juta orang (yang melakukan transaksi online), sekarang di tahun 2017 sudah mencapai 70 juta orang," kata Sri Mulyani, dalam seminar Hari Oeang yang diselenggarakan di Gedung Dhanapala, Jakarta Pusat, Kamis (26/10/2017).

Puluhan juta orang tersebut memanfaatkan aplikasi online untuk sekadar window shopping atau melakukan transaksi.

Perempuan yang akrab disapa Ani itu menjelaskan, berbelanja melalui sistem online bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan. Namun ada efisiensi yang diciptakan, mulai dari tenaga hingga waktu.

"Kita lihat hari ini kalau di Jakarta, orang selalu identik dengan aplikasi Go-Jek di dalam iPhone nya. Bukannya saya mau promosikan Go-Jek nya Nadiem Makarim, tapi saya yakin kalau anda pulang ke rumah dan kepengin martabak, anda tidak akan suruh sopir anda, tapi pasti pesan lewat itu (aplikasi Go-Food dalam Go-Jek)," kata Ani.

Dengan demikian, menurut dia, keberadaan aplikasi seperti Go-Jek sudah menjadi kebutuhan bagi masyarakat, khususnya anak muda.

"Aplikasi sudah menjadi keseharian terutama untuk generasi muda maupun semua family. Sekarang kita lihat, apakah anda gaptek atau tidak, bukan dilihat dari jumlah telepon yang dimiliki, tapi aplikasi di dalam telepon menunjukkan generasi apa di situ," kata Ani.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.