17 Tahun Vakum, Maluku Utara Kembali Ekspor Produk Perikanan

Kompas.com - 27/10/2017, 14:00 WIB
Ilustrasi ekspor ikan ThinkstockIlustrasi ekspor ikan
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah 17 tahun vakum, Maluku Utara akan kembali mengekspor produk perikanannya.

Dari rilis yang diterima Kompas.com, Kepala Kantor Bea Cukai Ternate, Musafak mengatakan bahwa selama ini devisa ekspor dan pendapatan asli daerah dari sektor perikanan masuk ke provinsi di luar Maluku Utara.

“Satu tahun terakhir ini, Bea Cukai berkoordinasi dengan Bank Indonesia Provinsi Maluku Utara, Dinas Kelautan dan Perikanan, dan Badan Karantina Provinsi Maluku Utara,” jelas Musafak, saat melepas keberangkatan kapal pengangkut kontener produk ikan, di Pelabuhan Tobelo, Halmahera Utara, Selasa (24/10/2017) lalu.

(Baca: Tangkapan Nelayan Membaik, Ekspor Gurita Sulsel Melonjak)

Ia juga menambahkan bahwa dukungan beberapa BUMN seperti maskapai penerbangan dan perbankan juga turut ambil bagian dalam kembalinya ekspor produk perikanan Maluku Utara.

Hal tersebut, menurut Musafak, untuk meyakinkan para pelaku UMKM sektor perikanan Maluku Utara agar mulai mengekspor secara mandiri.

Dalam ekspor perdananya tersebut, Maluku Utara mengirimkan ikan asap kering sebanyak 11.046 kilogram ke Jepang.

Diperkirakan nilai devisa ekspor dalam pengiriman tersebut sebesar 34.194 dollar AS atau setara dengan Rp 460 juta.

“Eksportasi ini dibawah pengawasan Pos Bantau Bea Cukai Ternate dan telah menggunakan aplikasi pelayanan ekspor berbasis online yang dikembangkan Bea Cukai Ternate,” ujar Musafak.

Musafak berharap dengan kembalinya ekspor perikanan Maluku Utara dapat mendorong perekonomian dan peningkatan penerimaan daerah.

Kompas TV Bank Dunia: Ekonomi Indonesia Tumbuh 5,35 di 2018

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.