Dalam 20 Hari, Transaksi Kartu Flazz BCA Naik 20 Kali Lipat

Kompas.com - 27/10/2017, 15:00 WIB
Ilustrasi uang elektronik BCA, Flazz BCA edisi Amnesty Pajak, Jakarta, Rabu (2/11/2016). Estu Suryowati/KOMPAS.comIlustrasi uang elektronik BCA, Flazz BCA edisi Amnesty Pajak, Jakarta, Rabu (2/11/2016).
EditorAprillia Ika

KOMPAS.com - PT Bank Central Asia Tbk ( BCA) mencatat kenaikan transaksi uang elektronik Flazz dari tanggal 1 Oktober 2017 sampai 20 Oktober 2017 sebesar 20 kali lipat dibandingkan bulan September.

Berdasarkan data yang dirilis oleh bank berkode saham BBCA ini, pada periode Oktober 2017, jumlah transaksi Flazz mencapai 21 miliar transaksi. Sedangkan pada periode September, jumlah transaksinya hanya 540 miliar.

Santoso, Direktur BCA bilang kenaikan ini disebabkan karena program elektronifikasi tol di Indonesia. "Saat ini, Flazz bisa digunakan di 10 persen di pintu tol di seluruh Indonesia," kata Santoso, Kamis (27/10/2017), seperti dikutip dari KONTAN.

Dua gerbang tol yaitu dua ruas gerbang tol di Medan dan di Surabaya dan Mojokerto tercatat masih ada sedikit masalah dalam implementasi pembayaran non-tunai Flazz. Namun BCA optimistis, masalah ini bisa diselesaikan sampai akhir Oktober 2017.

(Baca: Tak Hanya Lewat ATM, Begini Cara Top Up Kartu Flazz BCA)

Saat ini, rata-rata transaksi Flazz sebesar Rp 24 miliar per bulan. Dari transaksi ini, sekitar 60 persen masih di transportasi publik seperti Transjakarta dan KRL Commuter.

Seiring dengan implementasi elektronifikasi tol, transaksi di segmen ini juga tumbuh cukup besar.

Untuk elektronifikasi tol BCA sudah menambah 345.000 kartu yang dijual di pintu tol. Saat ini jumlah kartu Flazz BCA mencapai 13 juta lebih.

Sebagai gambaran, market share BCA pada transaksi non tunai di tol dibandingkan bank BUMN lain sebesar 28 persen.

Pangsa pasar terbesar bisnis uang elektronik (u-nik) di jalan tol masih ditempati oleh Bank Mandiri. (Galvan Yudistira)

Berita ini sudah tayang di Kontan.co.id dengan judul "BCA catat kenaikan transaksi Flazz 20 kali lipat" pada Jumat (26/10/2017).

Kompas TV Untuk memperlancar transaksi non-tunai di jalan tol, Bank Indonesia dan perbankan akan menggratiskan kartu uang elektronik.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X