Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Optimalkan Lahan Tambak Melalui Program Perhutanan Sosial

Kompas.com - 27/10/2017, 19:24 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah akan melakukan optimalisasi pemanfaatan lahan di Muara Gembong Bekasi menjadi kawasan pertambakan udang/ikan produktif.  Status lahan yang merupakan milik PT. Perhutani ini akan dikelola melalui skema perhutanan sosial.

Pemerintah menilai lahan-lahan Perhutani di berbagai daerah di Indonesia yang tidak optimal, perlu didorong pemanfaatannya, sehingga memiliki nilai ekonomi yang secara langsung dirasakan masyarakat sekitar kawasan hutan.

Pada tahun 2017 Pemerintah setidaknya akan memberikan akses pengelolaan lahan perhutani tersebut seluas 12,7 juta hektar bagi masyarakat sekitar hutan di seluruh Indonesia melalui program perhutanan sosial.

Program perhutanan sosial yang digulirkan Pemerintah ini bertujuan dalam rangka mewujudkan pemerataan ekonomi;  memperkuat produksi sektor berbasis pangan yaitu perikanan, pertanian dan peternakan; membuka lebih banyak akses kesempatan kerja bagi masyarakat; dan secara makro diharapkan mampu memberikan kontribusi bagi peningkatan kinerja ekonomi nasional.

Khusus untuk Propinsi Jawa barat, program perhutanan sosial akan difokuskan di Kabupaten Bekasi yaitu di Desa Pantai Bakti Kec. Muara Gembong melalui pengembangan usaha perikanan budidaya.

Lahan tambak di Bekasi yang akan dioptimalkan seluas sekitar 830 ha, yang untuk tahun 2017 akan dikerjakan secara bertahap sebanyak 17,2 hektar. Optimalisasi lahan pertambakan akan diarahkan untuk pengembangan budidaya udang, dan pengelolaan diserahkan kepada Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMBH) dengan dukungan dari berbagai lintas sektor terkait.

Kepala Staf Kantor Kepresidenan, Teten Masduki, menyatakan bahwa lahan tambak yang akan dioptimalkan di Muara Gembong, diharapkan akan menjadi pusat percontohan bagi masyarakat. Menurutnya, program ini sangat strategis untuk bagaimana memanfaatkan potensi yang ada secara optimal bagi kepentingan ekonomi masyarakat.

“Program ini diharapkan akan menjadi percontohan usaha bagi masyarakat dan memberikan dampak positif bagi kesejahteraan masyarakat sekitar,” kata Teten saat meninjau lokasi lahan tambak di Kecamatan Muara Gembong, Bekasi, Jum’at (27/10/2017).

Di sela-sela tinjauan ke lokasi tambak, Teten bersama Dirjen Perikanan Budidaya, jajaran staf kantor Kepresidenan, pimpinan Bank Mandiri, stakholders dan masyarakat sekitar melakukan penanaman mangrove sebanyak 6.000 pohon di sepanjang kawasan pertambakan.

Direktur Jenderal Perikanan Budidaya, Slamet Soebjakto, dalam keterangannya mengatakan bahwa optimalisasi lahan tambak Muara Gembong ini diarahkan untuk pengembangan budidaya udang intensif; budidaya polikultur; dan pengembangan silvofishery atau integrasi budidaya ikan dengan mangrove.

Ia menjelaskan sistem budidaya terintegrasi dengan mangrove merupakan bagian upaya Pemerintah dala mewujudkan pengelolaan sumberdaya secara berkelanjutan.

“Untuk Muara Gembong ini, pengembangan akan diarahkan pada usaha budidaya yang berbasis sustainable aquaculture. Artinya, kita akan manfaatkan nilai ekonominya dari usaha budidaya, namun tetap menjaga kualitas lingkungan hidup. Melalui system silvofishery misalnya, nantinya alokasi untuk mangrove sebesar 50 persen dari luas lahan tambak yang ada, karena keberadaan mangrove sangat penting untuk produktivitas perairan sekaligus sebagai reservoir alami yang paling baik yang dapat dilakukan polikultur dengan bandeng dan rumput laut gracillaria. Sementara 50 persennya lagi untuk budidaya udang,” jelas Slamet.

Kegiatan optimalisasi lahan perhutani telah dimulai di Kabupaten Bekasi sejak Maret 2017. Untuk budidaya intensif saat ini, sedang dalam tahap akhir persiapan lahan, direncanakan tebar benih pada pertengahan November 2017, yang diperkirakan panen pada akhir Januari 2018.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com