Krisis Keuangan Datang Melanda? Inilah Tips Mujarab Memulihkannya

Kompas.com - 28/10/2017, 00:08 WIB
Ilustrasi keuangan rumah tangga OcusFocusIlustrasi keuangan rumah tangga
EditorAprillia Ika

KOMPAS.com - Krisis keuangan? Siapa yang tak pernah mengalaminya? Rasanya semua orang yang hidup di bumi merasakan hal yang sama, termasuk orang kaya. Krisis keuangan yang biasanya dialami rata-rata orang terjadi menjelang akhir bulan.

Tak heran kalau tak sedikit yang merasa melarat dekat-dekat akhir bulan sebelum gajian. Yang biasanya makan salad di Senayan kalau pada akhir bulan makan gado-gado di kantin karyawan sudah nikmat rasanya.

Krisis keuangan memang terlihat sangat menyedihkan. Kalau sampai tidak pintar mengelola pemasukan per bulan, tamat sudah riwayat Anda.

Pasalnya, semua gaji yang diterima tidak tahu habis ke mana saja. Ini tentu menjadi bencana besar apalagi bagi Anda yang sudah memulai kehidupan berumah tangga.

(Baca: 5 Tips Sukses Bagi Freelancer)

Agar tidak terjadi perkelahian terkait finansial, Anda perlu mengetahui tips khusus untuk mengatasi masalah keuangan.

Anda selaku orang bijak jangan mau berlama-lama hidup dalam krisis keuangan. Mulai dari sekarang, ayo berubah! Ini demi kesejahteraan hidup hari ini dan ke depannya.

Coba terapkan beberapa langkah di bawah ini agar kondisi finansial membaik dan tahan terhadap krisis.

1.Buat Daftar Kebutuhan Prioritas Dimulai dari Kebutuhan Makan dan Minum

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuat daftar prioritas. Daftar ini berisi tentang apa saja yang akan Anda butuhkan selama sebulan. Dengan adanya daftar prioritas, kondisi keuangan dapat terkendali.

Dalam sebulan, usahakan hanya membeli barang apa saja yang telah dicatat dalam daftar prioritas. Jangan sampai ada yang melenceng.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X