BPJS Ketenagakerjaan Beri Santunan bagi Pekerja yang Jadi Korban Ledakan Pabrik Mercon

Kompas.com - 28/10/2017, 14:27 WIB
Pabrik mercon yang terbakar di Kosambi, Tangerang, Jumat (27/10/2017).KOMPAS.com/NIBRAS NADA NAILUFAR Pabrik mercon yang terbakar di Kosambi, Tangerang, Jumat (27/10/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan akan memberikan santunan kepada pekerja yang menjadi korban ledakan di pabrik petasan.

Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan, Agus Susanto mengungkapkan, terdapat 27 Orang pekerja PT Panca Buana yang terdaftar pada program BPJS Ketenagakerjaan. Dari jumlah itu, tiga orang di antaranya teridentifikasi meninggal dunia pada musibah tersebut.

"BPJS Ketenagakerjaan akan memberikan santunan kematian akibat kecelakaan kerja sebesar 48 kali upah terlapor kepada ahli waris korban meninggal," ujar Agus dalam keterangannya, Sabtu (28/10/2017).

Sementara itu bagi korban yang dirawat, BPJS Ketenagakerjaan akan menanggung semua biaya perawatan sesuai kebutuhan medis.

Selain itu BPJS Kesehatan juga akan memberikan santunan Sementara Tidak Mampu Bekerja (STMB) sebesar 100 persen upah selama 6 bulan pertama kepada korban yang masih dalam proses perawatan sebagai pengganti hilangnya penghasilan dalam kondisi tidak dapat bekerja.

"Mereka (pekerja) akan mendapatkan haknya dan akan diproses secepatnya," tutur dia.

Atas kejadian ini, Agus mengimbau, agar semua pekerja untuk memastikan dirinya sudah terlindungi pada program BPJS Ketenagakerjaan.

"Musibah ini membuka mata kita, masih banyak pekerja yang belum mendapatkan haknya untuk dilindungi jaminan sosial ketenagakerjaan. Semoga hal ini tidak terulang lagi di masa mendatang," pungkas dia. 



EditorBambang Priyo Jatmiko

Close Ads X