Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Digitalisasi, Semen Indonesia Manfaatkan ERP dalam Proses Bisnis

Kompas.com - 30/10/2017, 16:21 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - PT Semen Indonesia (Persero) Tbk memanfaatkan Enterprise Resource Planning (ERP) dalam proses bisnis terkait rantai pasokan. Menurut siaran resmi emiten Bursa Efek Indonesia (BEI) berkode SMGR itu kepada Kompas.com, hari ini, ERP akan mengintegrasikan proses bisnis dan distribusi semen dari hulu hingga hilir. "Prosesnya mulai dari input sampai dengan output, mulai dari pembelian barang, pergudangan, hingga, delivery ke pasar," kata Hendri Erza, Kepala Seksi Data & Riset Pemasaran SMGR.

Pihak SMGR imbuh Hendri memprediksikan bahwa pada 2020 akan terjadi persaingan makin ketat pada bisnis semen. Pasalnya, selain berhadapan dengan industri semen lokal, pasar di Tanah Air juga menjadi ajang persaingan industri semen asing.

Menurut catatan laman kemenperin.go.id, Kementerian Perindustrian memperkirakan total kapasitas semen nasional pada 2017 akan mencapai 102 juta ton dari total kebutuhan 70 juta ton per tahun, seiring dengan tingginya realisasi investasi pada industri semen di dalam negeri.

Hendri Erza lebih jauh menerangkan bahwa melalui sistem dengan nama komplet FORCA ERP, Semen Indonesia akan menyatukan toko dan distributor. ERP yang merupakan produk lokal ini berisi pula peraturan lokal antara lain perpajakan. Sejauh ini, bagian riset SMGR, toko besar maupun pelanggan sudah memanfaatkan aplikasi digital FORCA PoS.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com