Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Industri Ritel Modern Lesu, Ramayana Tambah Gerai Baru

Kompas.com - 31/10/2017, 17:23 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski industri ritel tengah dalam tekanan akibat daya beli dan pergeseran pola belanja masyarakat, salah satu pemain ritel konvensional yakni PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk akan membuka gerai toko offline baru.

Head Marketing and Promotion Ramayana Department Store Ainu Rofiq mengatakan, pada bulan Desember 2017 akan membuka tiga gerai baru di wilayah Jakarta, Bekasi, dan Tangerang.

"Tanggal 3 Desember 2017 kami akan buka di Jatinegara, tanggal 17 Desember kami buka di Bekasi, tanggal 27 Desember kami buka lagi di Serpong," ujar Rofiq saat ditemui di Hotel Pullman, Jakarta, Selasa (31/10/2017).

Menurut Rofiq, pada tahun 2017 ini, Ramayana Department Store, telah membuka lima sampai tujuh gerai baru di seluruh Indonesia.

"Daerah kami tetap buka tapi kebetulan kami dapat tempat di Jabotabek. Total ada 118 gerai tersebar di seluruh Indonesia," terang Rofiq.

Menurut Rofiq, pembukaan gerai baru sudah melalui perhitungan yang matang, meski industri ritel di Indonesia sedang mengalami kelesuan.

"Kami yakin kedepan, kami bukan hanya bicara sekarang, kami kan bicara jauh ke depan, kami yakin 2018 ekonomi Indonesia akan bagus. Nah, kalau kami buka cabang sekarang memang sudah direncanakan jauh-jauh hari, sudah di atur, jadi plan tetap jalan," kata Rofiq.

Kendati demikian, lanjut Rofiq, dalam menghadapi industri ritel yang ketat saat ini, diperlukan strategi guna menarik minat konsumen.

Mulai dari peningkatan layanan kepada konsumen, menjual produk sesuai kemampuan pasar, pemberian potongan harga atau diskon, hingga bekerja sama dengan e-commerce.

"Kaya gini kan orang maunya murah. Kami berikan diskon yang lebih besar. Coba sekali waktu datang ke Ramayana, Anda pasti akan mendapatkan diskon yang luar biasa besar, harga yang begitu murah dan kualitas yang sama," jelas Rofiq.

Sebelumnya, tercatat beberapa pelaku usaha ritel yang menutup gerai usahanya, mulai dari 7-Eleven, PT Matahari Department Store.

Kemudian, Lotus Department Store dan Debenhams akan ditutup oleh PT Mitra Adi Perkasa Tbk pada akhir bulan Oktober dan akhir tahun ini akibat dari sisi penjualan tidak sesuai target perusahaan.

Kompas TV Tidak hanya melalui gerai konvensional, Ramayana juga menyambangi konsumennya melalui situs jual beli online Tokopedia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com