Selamatkan Diri, Ritel Modern Ramayana Gandeng Lazada

Kompas.com - 31/10/2017, 20:00 WIB
Warga memilih busana di pusat perbelanjaan Ramayana di Pasar Baru, Jakarta, Rabu (28/12). Untuk menyambut Tahun Baru, pusat perbelanjaan tersebut menawarkan diskon hingga 90 persen. Kompas/Bahana Patria GuptaWarga memilih busana di pusat perbelanjaan Ramayana di Pasar Baru, Jakarta, Rabu (28/12). Untuk menyambut Tahun Baru, pusat perbelanjaan tersebut menawarkan diskon hingga 90 persen.
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Guna bersaing ditengah gempuran bisnis online, pelaku usaha bisnis ritel konvensional PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk bekerja sama dengan salah satu raksasa e-commerce yakni Lazada.

Adapun kolaborasi Ramayana dan Lazada guna menyambut Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) pada 12 Desember mendatang.

Head Of Marketing and Promotion Ramayana Department Store, Ainu Rofik mengatakan, dengan perkembangan internet dan teknologi informasi saat ini sudah tidak ada pilihan selain terjun dalam bisnis digital.

(Baca: Saat Industri Ritel Lesu, Ramayana Tambah Gerai Baru)

"Karena perkembangan teknologi sekarang yang begitu pesat terutama di dunia internet. Ramayana sudah seharusnya masuk ke dunia online dan sementara ini kami masih bergabung store official di Lazada," kata Rofik saat acara peluncuran Online Revolution Lazada, di Hotel Pullman, Jakarta, Selasa (31/10/2017).

Menurut Rofik, kolaborasi dengan Lazada sudah siap dilaksanakan guna menyambut Harbolnas pada Desember mendatang.

"Kami menyambut online revolution Lazada ini, kami sudah siap dan besok 1 November kami sudah mulai online dan masyarakat Indonesia sudah bisa mendapatkan dari Ramayana," kata Rofik.

Rofik menjeleskan, kolaborasi dengan e-commerce telah dilakukan Ramayana sejak tahun lalu bersama dengan Tokopedia.

"Pertama dengan Tokopedia sangat bagus responnya, karena Tokopedia juga sebagai salah satu online terbesar di Indonesia. Justru ini kami kembangkan lagi ke Lazada biar lebih besar lagi untuk market share di dunia online," jelasnya.

Meski demikian, lanjut Rofik, Ramayana akan tetap fokus dalam memperkuat layanan secara offline salah satunya membuka gerai baru. Apalagi, saat ini kontribusi online untuk pendapatan perseroan kurang dari 50 persen.

"Jadi saya pikir strategi utama kami supaya mempertahankan di offline tetap kuat," ungkapnya.

Sementara itu, untuk barang-barang yang akan dijual dalam kolaborasi dengan Lazada, Ramayana akan menjual berbagai produk.

Hal ini dilakukan guna meningkatkan market share Ramayana dengan bergabung pada strategi bisnis online dan terus melanjutkan bisnis konvensional.

"Ada ribuan ya, banyak sekali. Artinya kan memperlebar market share kita, jadi offline kita perkuat, online kita perkuat," pungkasnya.

Kompas TV Tidak hanya melalui gerai konvensional, Ramayana juga menyambangi konsumennya melalui situs jual beli online Tokopedia.


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X