Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berat Kejar Target Pertumbuhan Kredit Tahun Ini...

Kompas.com - 01/11/2017, 07:05 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pupus sudah harapan pemerintah melihat pertumbuhan kredit perbankan menembus 11 persen tahun ini.

Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso mengatakan, target pertumbuhan kredit sulit menembus 11 persen. Hal ini menilik realisasinya yang hanya 7,8 persen hingga hari ini.

"Bagaimana mencapai target 11 persen hingga akhir tahun? Kelihatannya ini agak berat," ujarnya dalam konferensi pers usai rapat KSSK di Jakarta, Selasa (31/10/2017).

Wimbo menuturkan, OJK memperkirakan realisasi pertumbuhan kredit hanya mentok di angka 10 persen di akhir 2017. Itupun perlu upaya keras untuk mencapainya dalam dua bulan terakhir ini.

Target 11 persen sebenarnya sudah lebih kecil dari target pertumbuhan kredit awal tahun yang mencapai 13 persen. Namun tetap saja, angka itu sulit dicapai.

Wimboh mengatakan, penyebab utama sulitnya kredit tumbuh 11 persen yaitu karena beberapa bank sedang melakukan restrukturisasi kredit komersial.

Saat ini tutur Wimboh, debitur kredit komersial banyak bermain di bidang komoditi dan pertambangan.

Namun akibat anjloknya harga komoditas dan hasil tambang, para debitur tersebut mengalami kesulitan sehingga perlu melakukan restrukturisasi keuangan.

"Tetapi kami lihat NPL (Non-Performing Loan/rasio kredit bermasalah) sudah mulai turun. Angka September lalu 2,9 persen. Padahal bulan sebelumnya 3,1 persen. Ini tanda perbaikan," kata Wimboh.

OJK memperkirakan perbaikan NPL membutuhkan waktu 1-1,5 tahun untuk bisa turun secara bertahap. Sehingga diharapkan pertumbuhan kredit akan tumbuh lebih tinggi pada tahun-tahun ke depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com