Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tutup Sejumlah Gerai Ritel, Kinerja Mitra Adiperkasa Justru Melonjak

Kompas.com - 01/11/2017, 11:46 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Induk jaringan ritel PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI) mencatatkan peningkatan pendapatan dan penjualan hingga kuartal III 2017 yang berakhir pada 30 September 2017.

Kinerja ini dicatatkan di tengah berkembangnya pandangan menurunnya kinerja sektor ritel. sebelumnya, perusahaan ini mengumumkan menutup gerai ritel modern Debenhams dan Lotus Department Store.

MAPI mencatatkan pendapatan bersih sebesar Rp 11,68 triliun pada sembilan bulan pertama tahun 2017. Angka ini meningkat 13,5 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yang tercatat sebesar Rp 10,29 triliun.

Mengutip laporan keuangan MAPI pada laman resmi Bursa Efek Indonesia (BEI), Rabu (1/11/2017), dari angka tersebut, penjualan eceran dan grosir tercatat sebesar Rp 10,77 triliun. Pada periode yang sama tahun 2016, angkanya mencapai Rp 9,41 triliun.

Penjualan eceran dan grosir menyumbang 92 persen dari total pendapatan MAPI. Peningkatan penjualan terlihat terjadi pada seluruh segmen usaha perseroan.

Salah satu lini usaha Mitra Adi Perkasa, Sogo Department Store.www.sogo.co.id Salah satu lini usaha Mitra Adi Perkasa, Sogo Department Store.

Laba usaha MAPI hingga 30 September 2017 tercatat sebesar Rp 785 miliar. Angka tersebut meningkat 35,9 persen dibandingkan Rp 577 miliar pada periode yang sama tahun 2016.

Sementara itu, laba bersih MAPI mencapai Rp 255,63 miliar. Capaian ini meningkat cukup signifikan, yakni 112 persen dibandingkan pada kuartal III 2016 yang mencapai Rp 120,29 miliar.

Dengan demikian, laba per saham MAPI pada kuartal III 2017 mencapai Rp 150. Angka ini pun meningkat dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 73 per saham.

"Kami dengan bahagia mengumumkan akselerasi pertumbuhan selama 9 bulan, didorong oleh disiplin biaya dan kinerja operasional yang baik," kata Fetty Kwartati, Head of Corporate Communications MAPI dalam keterangan resmi pada laman perseroan.

Fetty menyatakan,kinerja solid itu terjadi di tengah kondisi bisnis yang menantang. Ke depan, imbuh dia, perseroan akan terus mengoperasikan bisnis secara efisien dan berinvestasi secara pruden.

Hingga September 2017, MAPI telah menambah area sebesar 22.200 meter persegi untuk keseluruhan area ritel. Ini dilakukan guna mendorong pertumbuhan bisnis perseroan.

"Kami telah membuka gerai-gerai (perlengkapan) olahraga, mode, serta makanan dan minuman," ungkap Fetty.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com