Pakai Gas, Biaya Melaut Nelayan Akan Lebih Hemat

Kompas.com - 03/11/2017, 12:00 WIB
PT Pertamina (Persero) MOR I membagikan 169 paket perdana Elpiji untuk kapal perikanan nelayan kecil di Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara, Kamis (2/11/2017). KOMPAS.com / Mei LeandhaPT Pertamina (Persero) MOR I membagikan 169 paket perdana Elpiji untuk kapal perikanan nelayan kecil di Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara, Kamis (2/11/2017).
|
EditorAprillia Ika

MEDAN, KOMPAS.com - Pertama di Sumatera Utara, PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) I membagikan 169 paket perdana Elpiji untuk kapal perikanan nelayan kecil di Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara.

Pembagian ini merupakan bagian dari pelaksanaan program konversi bahan bakar minyak (BBM) ke bahan bakar gas (BBG), khususnya bagi para nelayan di seluruh Indonesia.

Penyerahan paket dilaksanakan secara simbolis oleh Domestic Gas Manager MOR I CD Sasongko, dihadiri Bupati Labuhanbatu H Pangonal Harahap, serta Direktur Teknik dan Lingkungan Migas Ditjen Migas Kementerian ESDM, Patuan Alfon S.

Dalam program konversi kali ini, Pertamina mendistribusikan paket perdana Elpiji 3 kilogram kepada 169 nelayan kecil. Pembagian paket sudah dilaksanakan sejak Oktober 2017.

(Baca: Pertamina: Per Kuartal III 2017 Penyaluran Elpiji 3 Kilogram Melonjak)

Distribusi paket perdana Elpiji 3 kilogram di Labuhanbatu merupakan bagian dari penugasan pemerintah kepada Pertamina untuk konversi BBM ke bahan BBG bagi nelayan sejak 2016 lalu.

Menurut Pertamina, penggunaan Elpiji untuk bahan bakar kapal bisa mereduksi biaya melaut para nelayan, sehingga menjadi lebih hemat dan efisien sampai 50 persen.

"Selain membangun ekonomi masyarakat, penggunaan gas juga lebih ramah lingkungan terhadap ekosistem laut," kata Sasongko, Kamis (2/11/2017). 

Sebelumnya, pemerintah telah menerbitkan Perpres Nomor 126 tahun 2015 tentang Penyediaan dan Penetapan Harga LPG untuk kapal perikanan bagi nelayan kecil.

Sebelum di Sumatera Utara, Pertamina MOR I sudah melaksanakan program konversi BBM ke BBG di Sumatera Barat.

Kompas TV Hasil Laut Melimpah, Nelayan Gelar Tradisi Sedekah Laut




Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X