Bandara Silangit Kini Dilengkapi Aneka Fasilitas Digital

Kompas.com - 03/11/2017, 12:42 WIB
Bandara Silangit resmi menjadi bandara internasional, Silangit, Tapanuli Utara, Sumatera Utara, Sabtu (28/10/2017). KOMPAS.com/ANGGITA MUSLIMAHBandara Silangit resmi menjadi bandara internasional, Silangit, Tapanuli Utara, Sumatera Utara, Sabtu (28/10/2017).
|
EditorAprillia Ika

TANGERANG, KOMPAS.com - PT Angkasa Pura II melengkapi sarana dan prasarana di Bandara Silangit, Sumatera Utara, dengan fasilitas digital yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna jasa bandara.

Beragam fasilitas digital itu mencakup keperluan informasi, pemesanan transportasi umum, hingga layanan check in dan pemantauan bagasi penumpang.

"Fasilitas tersebut adalah airport bus schedule display, e-payment di tenant komersil, WiFi.id corner, bus ticketing vending machine, smart baggage, tourism info kiosk, self check in, sampai apps pada check in counter," kata Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin melalui keterangan tertulis kepada Kompas.com, Jumat (3/11/2017).

(Baca: Perpanjangan Runway Bandara Silangit Ditargetkan Rampung Akhir 2017)

Awaluddin menjelaskan, kelengkapan fasilitas digital ini diwujudkan dalam rangka memberikan pengalaman tersendiri bagi pengguna jasa hingga calon penumpang yang hendak berwisata ke kawasan Sumatera Utara, terutama yang menuju ke Danau Toba.

Fasilitas digital ini juga untuk memperlihatkan perkembangan teknologi khususnya kepada wisatawan mancanegara.

"Meskipun kapasitas Bandara Internasional Silangit tidak terlalu besar namun kami tetap fokus melakukan pengembangan soft infrastructure melalui digitalisasi layanan," tutur Awaluddin.

Dia memastikan, semua fasilitas digital itu sudah siap digunakan 100 persen. Kecepatan WiFi.id corner sebagai fasilitas umum yang bisa digunakan para pengguna jasa juga disebut memiliki kecepatan mencapai 100 megabyte per second (Mbps).

Kelengkapan fasilitas digital ini bersamaan dengan pembukaan rute internasional pertama di bandara tersebut, yaitu Silangit-Singapura.

Bandara Silangit sendiri memiliki kapasitas hingga 500.000 penumpang. Dengan kehadiran Bandara Silangit, AP II menargetkan bisa mendatangkan wisatawan mancanegara sampai satu juta orang.

Kompas TV Warga bisa mengecek di website Angkasa Pura untuk melihat jadwal Skytrain

 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X