Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Daerah Ini, Konsumen Mulai Beralih ke Belanja "Online"

Kompas.com - 03/11/2017, 15:13 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com – Bank Indonesia regional Jawa Tengah mencatat kenaikan signifikan terhadap perilaku konsumen belanja online. Masyarakat di Jateng disebut mulai beralih ke belanja online dibanding di pusat perbelanjaan.

“Pola cara belanja datang ke Matahari, sekarang sudah banyak lewat online. Makan juga begitu. Pergeseran pola konsumsi dari bahan tahan lama menjadi konsumsi cepat, makanan dan hiburan,” kata deputi Kepala BI Jateng Rahmad Dwi Saputra di kantornya, Jumat (3/11/2017).

BI mencatat, selama empat tahun terakhir kegiatan pengiriman melalui jasa logistik meningkat hingga 18,1 persen. Dari peningkatan itu, 80 persen di antaranya adalah konsumen dari ritel yang berbelanja melalui online.

Rahmad mengatakan, pergeseran cara belanja itu juga dimanfaatkan masyarakat untuk hal lain. Warga yang semestinya berbelanja di pusat perbelanjaan beralih dengan memesan melalui online.

Baca juga: Sri Mulyani: Aplikasi Online Sudah Jadi Keseharian Anak Muda

Ilustrasi belanja onlineartisteer Ilustrasi belanja online
“Nah waktu belanja itu yang digunakan untuk jalan-jalan. Makanya peningkatan soal hiburan, wisata itu naik,” ucap dia.

Rahmad menyarankan kepada retail yang terlanjur berinvestasi untuk mengantisipasi pergeseran itu. Hal itu dapat dilakukan dengan ikut bermain di sektor e-commerce atau mengubah fungsi lokasi ritel menjadi hotel atau tempat kuliner.

“Tergantung ritel yang punya lokasi, apa ikut bermain e-commerce, atau diubah menjadi hotel atau kuliner tergantung strategi perusahaan peritel. Fenomena seperti ini pernah terjadi di Amerika, di gerai atau mall sepi pengunjung,” katanya.

Kompas TV Tidak hanya melalui gerai konvensional, Ramayana juga menyambangi konsumennya melalui situs jual beli online Tokopedia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com