Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenaikan Indeks Harga Saham di Bursa Efek Indonesia Tertinggi di Dunia

Kompas.com - 03/11/2017, 22:17 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -  Dalam kurun waktu sepuluh tahun terakhir, kenaikan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia merupakan yang tertinggi di antara bursa-bursa di seluruh dunia.

"Kenaikannya (selama 10 tahun) 227,60 persen. Tidak ada negara lain yang lebih tinggi dari itu," kata Direktur Pengembangan PT Bursa Efek Indonesia (BEI) Nicky Hogan seperti dikutip dari Antaranews.com, Jumat (3/11/2017).

Menurut dia, di tengah penjualan investor asing lebih dari Rp 20 triliun, indeks saham Indonesia tetap mengalami kenaikan 13,87 persen. "Dalam satu dasawarsa terakhir ini tidak pernah terjadi sebelumnya," kata dia.

Dengan potensi itu, lanjutnya, sudah seharusnya Indonesia menjadi tuan rumah di negaranya sendiri dengan mengampanyekan gerakan "Yuk Nabung Saham". Gerakan itu perlu digencarkan mengingat jumlah investor pasar modal asing yang cukup dominan.

Baca juga: Berhasil Bangkit, IHSG Kembali Cetak Rekor Baru

Pengunjung memotret pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin (25/9/2017).KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Pengunjung memotret pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin (25/9/2017).
"Yuk Nabung Saham adalah keberpihakan kepada seluruh rakyat Indonesia, menjadikan investasi pasar modal terjangkau, sederhana bukan njlimet, dan untuk masa depan yang lebih baik," kata dia.

Ia mengatakan saat ini jumlah investor baru terus bertambah dan berkontribusi 54,2 persen terhadap kenaikan transaksi saham harian sepanjang 2017, dengan 22,6 persen di antaranya merupakan kontribusi para investor individu Indonesia.

Menurut dia, lembaga pemeringkat internasional pun memberikan predikat "Layak Investasi" kepada Indonesia. Karena itu Nicky berharap masyarakat Indonesia tidak meragukan potensi investasi di negaranya sendiri.

"Tahun 2030 diprediksi kitalah negara dengan kekuatan ekonomi terbesar kelima di dunia, dan menjadi keempat di tahun 2050," ujarnya.

Baca juga: Kata Sri Mulyani Soal IHSG Tembus Level 6.000

Kompas TV Meski terus ditinggal pemodal asing, indeks harga saham gabungan di bursa efek indonesia melaju mendekati angka 6.000.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com