Tiba-tiba Passion Kerja Berubah, Siapkan Hal Berikut Sebelum Resign

Kompas.com - 04/11/2017, 15:00 WIB
Ilustrasi mengundurkan diri.Shutterstock Ilustrasi mengundurkan diri.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menemukan pekerjaan dan karier yang sesuai dengan passion kita tentunya merupakan hal yang tidak mudah. Pasalnya, sebagian besar cukup beruntung karena sudah menemukan passion mereka.

Sebagian lagi, ternyata masih merasa bingung dan akhirnya hanya bekerja tanpa passion. Padahal, seperti kita ketahui, banyak orang-orang yang akhirnya sukses dalam karier dan hidup mereka karena bekerja sesuai dengan keahlian.

Jika kita bekerja bukan karena itu merupakan keahlian kita, kita akan merasa “terpaksa” melakukannya. Ini tentu kurang baik untuk karier kita ke depan karena tidak membutuhkan waktu lama, kita akan merasa jenuh dan bosan.

Di sisi lain, kita harus tetap bekerja karena adanya kebutuhan yang selalu harus dipenuhi. Pikiran untuk resign selalu muncul, akhirnya kita merasa dilema dan kurang fokus pada pekerjaan. Jika Anda sedang merasakan hal semacam ini, sebaiknya jangan berkecil hati dulu.

Coba lakukan lima hal ini sebelum Anda memutuskan untuk resign karena bekerja tidak sesuai passion :

1. Coba Memperdalam Ilmu dan Skill

Syaratnya, Anda harus sudah menemukan passion dulu. Jika Anda suka dengan satu hal, misalnya fotografi, coba perdalam ilmu seputar fotografi dan meningkatkan skill yang dibutuhkan untuk menjadi seorang fotografer ahli sesuai keinginan Anda.

Untuk metode pembelajarannya, Anda bisa belajar lewat Youtube, artikel tentang fotografi, atau bergabung ke forum khusus pembahasan fotografi.

Dengan melakukan cara ini, kita seharusnya tidak mengorbankan pekerjaan yang sedang kita kerjakan saat ini.

Kita hanya perlu mengatur waktu saja. Walaupun tempat kita bekerja sekarang bukanlah prioritas kita, bukan berarti kita lari dari tanggung jawab pekerjaan tersebut. Jadilah orang yang lebih menghargai apa yang sudah diberikan oleh perusahaan kita.

2. Perluas Relasi Pertemanan

Jika kebetulan kita sedang libur kerja, di waktu senggang, kita juga bisa mulai fokus untuk memperdalam passion kita. Kita bisa mengikuti beberapa acara komunitas, workshop, kursus atau seminar tentang passion yang kita sedang geluti ini. Keuntunganya, kita bisa memperluas jaringan pertemanan.

Mungkin Anda sibuk dengan keluarga di saat libur. Menjadi anggota yang pasif juga tidak masalah karena mereka akan tetap berbagi informasi penting seputar komunitasnya atau seminar yang akan diberikan lewat sosial media group.

Halaman:


EditorAprillia Ika


Close Ads X