Pangeran Alwaleed Pernah Menyulap Pesawat A380 Jadi Istana Terbang

Kompas.com - 06/11/2017, 10:00 WIB
Pangeran Alwaleed saat menandatangani pembelian Airbus A380 terbaru di tahun 2007 Daily MailPangeran Alwaleed saat menandatangani pembelian Airbus A380 terbaru di tahun 2007
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

NEW YORK, KOMPAS.com - Pangeran Alwaleed bin Talal (62) adalah satu dari 11 pangeran yang ditangkap oleh komite antikorupsi Arab Saudi pada akhir pekan lalu.

Pangeran Alwaleed jelas merupakan yang terkaya di antara para pangeran dan puluhan menteri maupun mantan menteri yang ditangkap.

Menurut Bloomberg Billionaires Index, Pangeran Alwaleed menempati peringkat 50 dalam daftar orang terkaya di dunia. Kekayaannya mencapai 19 miliar dollar AS.

(Baca: Pemerintah Arab Saudi Tahan 11 Pangeran dan 4 Menteri)

Namun, sejumlah pihak meyakini bahwa jumlah kekayaannya sebenarnya jauh di atas itu. Diyakini sumber kekayaan Pangeran Alwaleed yang sesungguhnya dirahasiakan dari publik.

Mengutip Bloomberg, Senin (6/11/2017), kerap kali transaksi dan asetnya disamarkan dengan investasi melalui sejumlah lembaga. Pada saat yang sama, Pangeran Alwaleed tak malu memamerkan aset dan kekayaannya.

Ia dikenal secara internasional karena menanamkan modal di perusahaan raksasa seperti Citigroup dan Apple. Pada tahun 2007 silam, ia membeli pesawat superjumbo jet Airbus A380 dan disulap menjadi istana terbang pribadinya.

Namun, pesawat tersebut akhirnya ia jual. Pada tahun 2013, Pangeran Alwaleed menuntut Forbes karena menurunkan nilai kekayaannya, sebelum tuntutan itu akhirnya dicabut pada 2015.

Airbus A380 SuperjumboDamian Dovarganes / AFP / Getty / Pool Airbus A380 Superjumbo

Perusahaan investasi yang 95 persen dimiliki Alwaleed, Kingdom Holding Co, tercatat dalam bursa efek Arab Saudi. Valuasi pasarnya mencapai sekira 35 miliar dollar AS, turun 8 persen pada Minggu (5/11/2017).

Namun, rincian investasi yang telah dibuatnya atau keuntungan yang ia peroleh amat sulit ditemukan.

Misalnya saja, kepemilikan saham Kingdom Holding di Citigroup tidak dijabarkan secara rinci pada laporan keuangan, meski Pangeran Alwaleed jelas-jelas menyatakan dirinya adalah salah satu investor terbesar.

Selain Citigroup, Pangeran Alwaleed tercatat memiliki saham dalam jumlah yang signifikan pada Apple, Twitter, Lyft, 21st Century Fox, JD.com, dan sejumlah hotel mewah di dunia seperti The Plaza di New York, Savoy Hotel di London, serta George V di Paris. Ia juga memiliki saham di jaringan operator hotel Accor.

Di Arab Saudi sendiri, investasi Pangeran Alwaleed sangat luas. Ia memiliki saham di perusahaan real estate, ritel, perbankan, maskapai penerbangan, hingga petrokimia.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Bloomberg
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X