Kompas.com - 06/11/2017, 16:20 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (KAI) menambah 40 jadwal perjalanan dalam rangka menyambut libur Hari Raya Natal 2017 dan Tahun Baru 2018. Ditambah dengan jumlah perjalanan kereta api reguler sebanyak 335 perjalanan, maka total jadwal layanan kereta api untuk libur Natal dan Tahun Baru kali ini mencapai 375 perjalanan.

"Angkutan Natal dan Tahun Baru nanti mulainya dari 21 Desember 2017 sampai 7 Januari 2018, ini kurang lebihnya 17 hari. Selama rentang waktu itu, kami menyediakan seat itu dimungkinkan naik kira-kira lima sampai enam persen," kata Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro saat ditemui di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Senin (6/11/2017).

Edi merinci, pihaknya menyiapkan 451 unit lokomotif yang siap dioperasikan berikut 11 unit lokomotif cadangan. Juga disiapkan 1.619 unit kereta api siap operasi serta 153 unit kereta cadangan. Adapun untuk jumlah perjalanan kereta api tahun ini mengalami peningkatan ketimbang jumlah tahun lalu yang hanya 356 perjalanan.

Khusus untuk kereta api tambahan, menurut Edi, total yang tersedia mencapai 20.880 seat dari 20 nama kereta api yang beroperasi PP (pergi dan pulang). Adapun untuk kereta api tambahan akan dioperasikan mulai 15 Desember 2017.

Baca juga : Mulai 2 November, Tiket KA Ekonomi Naik

"Peningkatan volume penumpang selama 17 hari masa angkutan tersebut diprediksi sebesar empat persen dibanding masa angkutan pada periode yang sama tahun lalu. Masyarakat yang ingin dapat tiket KA tambahan bisa membeli di seluruh channel resmi penjualan tiket KA mulai 1 November 2017," tutur Edi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.