Kuartal III 2017, Citibank Indonesia Raup Laba Bersih Rp 2 Triliun

Kompas.com - 06/11/2017, 20:00 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Citibank NA Indonesia membukukan laba bersih sebesar Rp 2 triliun pada kuartal III 2017. Capaian ini tumbuh 5 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp 1,9 triliun.

CEO Citibank Batara Sianturi mengungkapkan, peningkatan laba bersih didorong pertumbuhan pendapatan bunga bersih sebesar 7,6 persen menjadi Ro 3,3 triliun pada kuartal III 2017.

Institutional Banking berkontribusi 53 persen, sementara Consumer Banking berkontribusi sebesar 47 persen. Kinerja tersebut menghasilkan rasio Return on Asset (ROA) sebesar 4,65 persen dan Return on Equity (ROE) sebesar 16,45 persen.

“Kinerja yang baik ini mencerminkan momentum yang kuat pada bisnis kami baik di Institutional Banking maupun di Consumer Banking," kata Batara di Jakarta, Senin (6/11/2017).

(Baca: CEO Citibank: Situasi Kondusif untuk Turunkan Bunga Kredit)

Total aset Citibank meningkat 9,4 persen menjadi Rp 80,5 triliun dan total Dana Pihak Ketiga (DPK) tumbuh sebesar 4,2 persen menjadi Rp 54,7 triliun. Porsi Giro dan Tabungan sebesar 70 persen dari keseluruhan DPK per 30 September 2017.

Batara mengungkapkan, pihaknya terus menjaga kualitas kredit dengan berpedoman pada prinsip kehati-hatian. NPL (non-performing loan) atau rasio kredit bermasalah gross dan net pada akhir September 2017 tercatat masing-masing 1,92 persen dan 0,63 persen.

Angka tersebut membaik dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya masing-masing sebesar 2,91 persen dan 1,12 persen. Tingkat permodalan yang tercermin dari Rasio Kewajiban Penyediaan Modal Minimum sebesar 27,57 persen per 30 September 2017.

"Dalam lini Institutional Banking, Citibank secara sukses telah meluncurkan kemampuan untuk mendukung Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI) bersama dengan 12 bank lainnya sebagai percontohan," ungkap Batara.

Untuk menghadirkan pengalaman yang lebih baik kepada customers, Citibank telah memigrasikan platform internet banking customer komersial ke platform integral CitiDirect BE.

Citibank pun telah meluncurkan kemampuan Chinese Yuan (CNY), yang memungkinkan nasabah melakukan penukaran mata uang yuan.

Dalam lini Consumer Banking, Citibank telah meluncurkan kampanye Citigold “On Your Terms”, sebuah kampanye terbaru yang menawarkan layanan wealth management melalui digital dan solusi finansial yang disesuaikan dengan aspirasi nasabah dalam hal kekayaan, pendidikan, dan pensiun.

Kompas TV Bank Indonesia memproyeksi pertumbuhan ekonomi di kuartal 4 tahun ini melesat lebih tinggi.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.