Kompas.com - 07/11/2017, 06:10 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

HONG KONG, KOMPAS.com - Maskapai penerbangan Qatar Airways membeli 9,6 persen saham maskapai Cathay Pacific senilai 5,16 miliar dollar Hong Kong atau setara 662 juta dollar AS.

Aksi korporasi ini memberikan akses lebih besar bagi Qatar Airways pada pasar penerbangan China yang menguntungkan.

Mengutip BBC, Selasa (7/11/2017), pembelian ini akan menjadikan Qatar Airways pemegang saham terbesar ketiga Cathay Pacific. Pun aksi korporasi ini adalah investasi pertama maskapai Timur Tengah ke maskapai Asia Timur.

China adalah pasar penerbangan dengan pertumbuhan terpesat di dunia dan diprediksi menjadi yang terbesar pada tahun 2022 mendatang.

Bulan lalu, Asosiasi Transportasi Udara Internasional (IATA) memberikan proyeksi terkait China yang akan menggeser posisi AS sebagai pasar penerbangan terbesar di dunia dalam dua tahun.

Maskapai AS American Airlines dan Delta juga berupaya masuk ke pasar terbesar tersebut. Pada Maret 2017 lalu, American Airlines membeli 3 persen saham China Southern Airlines senilai 200 juta dollar AS.

Adapun Delta membeli 3,6 persen saham China Eastern Airlines senilai 450 juta dollar AS. Aksi korporasi ini dilakukan dua tahun lalu.

Dalam pernyataannya, Cathay Pacific menyatakan Air China dan Swire Pacific akan terus memegang hampir 75 persen saham maskapai asal Hong Kong tersebut.

"Cathay Pacific dihormati di seluruh industri (penerbangan) dengan potensi yang masif di masa depan. Investasi ini akan mendukung strategi investasi Qatar Airways ke depannya," ujar CEO Qatar Airways Akbar Al Baker.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber BBC
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.