Jonan: Freeport Tak Boleh IPO Sebelum Divestasi Rampung

Kompas.com - 07/11/2017, 13:05 WIB
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan menegaskan, PT Freeport Indonesia bisa melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) atau melakukan initial public offering (IPO), jika proses pelepasan saham 51 persen kepada pemerintah (divestasi) rampung dilakukan.

"Mudah-mudahan kalau selesai (divestasi) satu hari juga akan listing di BEI, Freeport Indonesia. Kira-kira gambarannya begitu," ujar Jonan saat membuka perdagangan bursa saham di Main Hall Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Selasa (8/11/2017).

Jonan menegaskan, saat ini yang perlu diselesaikan adalah proses divestasi saham Freeport kepada pemerintah Indonesia.

Pihaknya berharap, proses divestasi tersebut tidak memakan waktu yang terlalu lama dan bisa segera dilaksanakan.

(Baca: Jonan "Sentil" Perusahaan Energi dan Tambang yang Belum Listing di BEI)

"Gini, program akuisisinya itu pasti bertahap enggak mungkin jadi satu. Mau berapa lama ini sebenarnya udah sepakat sama Freeport itu, kalau bisa secepatnya bisa jalan, cuma enggak tahu ini mesti dilihat," ungkap Jonan.

Sebelumnya, Jonan menyayangkan masih banyaknya perusahaan sektor energi dan migas di Indonesia belum melakukan listing pada bursa saham di Indonesia.

Sebab, dari sekitar 600 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek indonesia (BEI) hanya sedikit yang merupakan perusahaan energi dan pertambangan. "Mayoritas yang dikelola oleh badan usaha asing seperti Vale dan Freeport tidak listed di sini," jelasnya.

Kompas TV Negosiasi antara pemerintah dan Freeport masih alot meski kesepakatan perubahan status dan divestasi saham sudah disepakati.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.