Genjot Investasi Taiwan, Standard Chartered Gandeng BKPM

Kompas.com - 09/11/2017, 07:30 WIB
Standard Chartered Bank thetimes.co.ukStandard Chartered Bank
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Taiwan menjadikan Indonesia sebagai satu dari sejumlah negara di Asia Tenggara yang dianggap punya potensi untuk berinvestasi.

Jalannya investasi Taiwan ke Indonesia akan diakomodasi oleh Standard Chartered Bank Indonesia (SCBI) yang sudah terlebih dahulu kerja sama dengan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

"Bentuk upaya yang dilakukan, salah satunya, dengan menyelenggarakan forum-forum pertemuan investor dengan menghadirkan lembaga-lembaga negara terkait," kata Country Head Corporate Affairs SCBI Dody Rochadi kepada pewarta, Rabu (8/11/2017).

Dody juga menyebut pihaknya turut membentuk tim ahli dalam rangka membangun jaringan dan kerja sama bisnis internasional. Hal itu dimungkinkan karena SCBI memiliki jaringan berupa lebih dari 1.000 kantor cabang dan outlet yang tersebar di 69 negara.

(Baca: Kasus Mega Transfer Rp 19 Triliun, Singapura Investigasi Standard Chartered)

Peran BKPM sendiri adalah untuk memberi pemahaman kepada para investor dan kemudahan berinvestasi melalui cara yang telah ditentukan sebelumnya.

Dody mengungkapkan, berdasarkan data BKPM, per realisasi investasi Taiwan di Indonesia per kuartal III di 99 proyek mencapai 41,3 juta dolar AS.

Pemerintah Taiwan sendiri memiliki garis kebijakan luar negeri utama yang dinamakan sebagai New Southbond Policy. Ada empat fokus utama pada pelaksanaan kebijakan tersebut, yaitu ekonomi dan kerja sama perdagangan, pertukaran bakat, berbagai sumber daya, dan konektivitas regional.

"BKPM mendorong investor Taiwan untuk merealisasikan komitmen investasi sesuai rencana lewat pembangunan industri semikonduktor, kimia, komunikasi, dan mesin di Indonesia. Di satu sisi, BKPM juga akan terus memberi kemudahan layanan perizinan investasi, salah satunya layanan izin tiga jam," ujar Dody.

Kompas TV Kritik pengusaha ini menjadi ironi karena peringkat kemudahan investasi Indonesia meningkat.

 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X