Indonesia-Swedia Kembangkan Sistem Navigasi Penerbangan Digital

Kompas.com - 09/11/2017, 14:15 WIB
pilot dalam kokpit pesawat Rathkepilot dalam kokpit pesawat
EditorAprillia Ika

KOMPAS.com - Direktorat Navigasi Penerbangan Ditjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan bekerja sama dengan Otoritas Penerbangan Swedia menyelenggarakan Workshop Digitalisasi Tower ATC termasuk di dalamnya terkait pengoperasian remote Air Traffic Services (ATS) selama dua hari ini, Selasa hingga Rabu (7-8 November 2017).

Penyelenggaraan workshop ini merupakan tindak lanjut dari kerjasama antara Pemerintah RI dan Swedia terkait Pengembangan Navigasi Penerbangan yang ditandatangani pada saat Raja Carl XVI Gustaf dari Swedia berkunjung ke Indonesia pada bulan Mei 2017 lalu. 

Kemudian ditindak lanjuti penandatanganan MOU oleh Menko Bidang Maritim, yang salah satunya adalah mengenai Air Traffic Management.

Workshop ini dibuka oleh Direktur Navigasi Penerbangan Yudhi Sari Sitompul dan dihadiri oleh jajaran Direktorat Navigasi Penerbangan, AirNav Indonesia, pengelola bandara serta tim ahli Swedia. 

(Baca: Menhub: Kini Indonesia Bisa Gunakan Alat Navigasi ADS-B Buatan Lokal)

Juga perwakilan perusahaan SAAB dan LFV dari Swedia yaitu Mr. Klas Ogren dan Mr. Peter Noren.

SAAB dan LFV merupakan perusahaan dan air navigation service provider Swedia yang mengembangkan teknologi digital ATS.

Menurut Yudhi Sari, perlunya pengembangan sistem navigasi penerbangan Indonesia ke arah digital, dilatarbelakangi semakin meningkatnya trafik lalu lintas penerbangan di Indonesia dengan sebaran traffic yang beragam.

Salah satu indikatornya adalah dimasukkannya Bandara Internasional Soekarno-Hatta sebagai satu dari 20 bandara tersibuk lalu lintas penerbangannya di dunia pada periode 2010-2015 oleh Airport Council International (ACI).

Menurut Yudhi, Direktorat Navigasi Penerbangan menyambut baik workshop dari Pemerintah Swedia ini.

Saat ini pihaknya memiliki lebih dari 250 bandara mulai dari yang kecil hingga besar yang perlu dikembangkan dukungan teknologi sistem navigasi penerbangannya," 

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X