Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Beberapa Sektor Saham yang Prospektif Tahun 2018

Kompas.com - 09/11/2017, 19:14 WIB
Kontributor Amerika Serikat, Andri Donnal Putera

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - MNC Sekuritas merekomendasikan sejumlah sektor yang bisa menjadi perhatian investor Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2018 mendatang. Pilihan sektor ini mempertimbangkan pengaruh kondisi dari luar maupun dalam negeri.

"Beberapa sektor pilihan di 2018 adalah perbankan, telekomunikasi, dan tambang batu bara. Sektor-sektor ini masih prospektif dengan rekomendasi overweight," kata Head of Institutional Research MNC Sekuritas Thendra Crisnanda di Jakarta Selatan, Kamis (9/11/2017).

Thendra menambahkan, beberapa sektor lain yang dianggap netral adalah sektor konsumsi, metal, perkebunan, otomotif, konstruksi, semen, dan properti. Untuk strategi investasi saham, dia menganjurkan sell on strength secara bertahap saat ini lalu lebih agresif ketika Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) tembus di atas level 6.100.

"IHSG diestimasikan bertumbuh dengan target di level 6.127 hingga periode pertama semester 1 tahun 2018. Peningkatan IHSG saat ini relatif terbatas sehingga berpotensi mengalami tekanan profit taking ke depan," tutur Thendra.

Baca juga: Bahana: Tahun Depan IHSG Bisa Melaju ke Level 7.000

Dia juga berpendapat, investasi pada instrumen pasar modal oleh pelaku industri keuangan non-bank, seperti asuransi, reasuransi, BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial), hingga dana pensiun akan mengambil peranan dalam pergerakan IHSG tahun 2018.

Kondisi politik jelang Pilpres 2019 juga dianggap memengaruhi pasar saham, sesuai dengan periode yang sama menjelang pilpres tahun 2009 dan 2014 lalu.

Kompas TV BNI Sekuritas: IHSG Akhir Tahun Bisa Tembus 6.071

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com