OJK: Mitsubishi UFJ Financial Group Baru Melirik Saham Bank Danamon

Kompas.com - 10/11/2017, 12:23 WIB
Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK, Heru Kristiyana di Gedung OJK Jakarta, Jumat (10/11/2017).  KOMPAS.com/ACHMAD FAUZIKepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK, Heru Kristiyana di Gedung OJK Jakarta, Jumat (10/11/2017). 
Penulis Achmad Fauzi
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyatakan perusahaan jasa keuangan asal Jepang Mitsubishi UFJ Financial Group (MUFG) hanya baru melirik saham milik Temasek Holdings di Bank Danamon

Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK, Heru Kristiyana menerangkan, MUFG sendiri akan membeli saham Temasek Holdings sebanyak 67 persen. 

Sehingga, kata Heru, MUFG melalui Bank of Tokyo-Mitsubishi UFJ masih melirik saham Bank Danamon yang dimilik anak usaha Temasek Holdings yakni, Asia Financial Indonesia Pte Ltd (AFI). 

(Baca: Bank of Tokyo-Mitsubishi Berniat Akuisisi Saham Bank Danamon)

"Artinya setelah dicek pada masing-masing, mereka MUFG itu tertarik untuk melirik Bank Danamon, dan nanti akan diikuti oleh kegiatan-kegiatan atau persyaratan yang akan disampaikan dari  Bank of Tokyo-Mitsubishi UFJ  ke Temasek. Karena itu perusahaan terbuka nanti juga akan terkait dengan langkah-langkah di pasar modal," ujar Heru di Gedung OJK Jakarta, Jumat (10/11/2017). 

Menurut Heru, rencana akuisi tersebut dapat memperkuat Bank Danamon. Salah satunya pada harga saham Bank Danamon yang melonjak 18 persen. 

Pada penutupan Bursa, Kamis (9/11/2017), saham Bank Danamon ditutup Rp 5.725 per lembar atau melonjak 18,04 persen (naik 875 poin) dibandikan perdagan kemarin di level Rp 4.850 per lembar saham. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

(Baca: Danamon Benarkan Rencana Akuisisi Saham oleh Bank of Tokyo-Mitsubishi UFJ)

"Kalau itu (akuisisi) benar. Itu akan membuat Bank Danamon berkembang," tutur dia. 

Sebelumnya, PT Bank Danamon Tbk mengkonfrimasikan terkait rencana akuisi saham perseroan. Emiten yang berkode BDMN ini membenarkan adanya rencana akuisisi saham perseroan. 

Sementara, Bank of Tokyo-Mitsubishi UFJ (BTMU) juga berniat membeli sekitar 40 persen saham PT Bank Danamon Tbk (BDMN) dan akan mengejar sebagai pemilik mayoritas.

Nilai akuisisi atas saham Bank Danamon ini diperkirakan mencapai 1,75 miliar dollar AS atau setara Rp 23,65 triliun (kurs Rp 13.515 per dollar AS).

Kompas TV Perbankan berlomba-lomba menggelontorkan investasi triliunan rupiah demi membangun infrastruktur digital.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.