Pharrell Williams Buka Festival Belanja Online 11.11 Alibaba

Kompas.com - 11/11/2017, 09:43 WIB
Pembukaan acara 11.11 Global Shopping Festival 2017 di Mercedes-Benz Arena, Shanghai, Jumat malam (10/11/2017). KOMPAS.com/PRAMDIA ARHANDO JULIANTOPembukaan acara 11.11 Global Shopping Festival 2017 di Mercedes-Benz Arena, Shanghai, Jumat malam (10/11/2017).
|
EditorErlangga Djumena

SHANGHAI, KOMPAS.com - Alibaba Group, perusahaan raksasa ekonomi digital asal China, resmi membuka gelaran pesta belanja online atau yang dikenal dengan 11.11 Global Shopping Festival 2017.

Pembukaan pesta belanja online tersebut dibuka oleh beberapa artis internasional seperti Pharrell Williams hingga mantan sepak bola asal Portugal Luis Figo.

Event tahunan festival belanja berskala internasional tersebut telah dilaksanakan sejak tahun 2009 oleh Alibaba Group.

"11.11 Global Shopping Festival adalah kolaborasi bisnis berskala besar yang menyatukan konsumen, pengecer, perusahaan logistik, institusi keuangan, toko online dan offline serta pusat perbelanjaan di seluruh dunia. Ini adalah panggung besar untuk menampilkan inisiatif ritel baru yang dipelopori oleh Alibaba," ujar CEO Alibaba Group Daniel Zhang saat pembukaan acara di Mercedes-Benz Arena, Shanghai, Jumat malam (10/11/2017).

Baca juga : Di Daerah Ini, Konsumen Mulai Beralih ke Belanja Online

Sementara itu, Vice Chairman & Co-founder Alibaba, Joe Tsai mengatakan, dengan gelaran pesta belanja online ini diharapkan tingkat komsumsi masyarakat China dapat meningkat.

"Kami ingin ikut menggerakkan konsumsi masyarakat China, kalau selama ini sektor konsumsi baru berkontribusi sekitar 40 persen terhadap produk domstik bruto (PDB), melalui event ini bisa meningkat menjadi 70 persen," kata Tsai.

Tsai mengaku optimis, peningkatan konsumsi masyarakat China akan meningkat dengan penyelenggaraan pesta belanja online hingga kolaborasi bisnis online maupun toko fisik (offline).

"Dengan konsep baru new ritel yang menyatukan belanja online dan offline, kami ingin menjadikan belanja sebagai kegiatan hiburan yang menyenangkan dengan augmented reality (AR)," kata dia.

Baca juga: Gandeng Primkopau, Grab Sediakan Taksi Online di Bandara Husein Sastranegara

Selain mendorong konsumsi masyarakat China, Alibaba juga ingin memasarkan produk-produk lokal agar lebih memiliki akses pasar yang luas. "Jadi tidak hanya sekedar menjangkau konsumen di China," sebutnya.

Pada 2017 ini, Alibaba menargetkan sebanyak 500 juta konsumen dari seluruh dunia terlibat aktif dalam festival yang menyediakan 140.000 merek dan 15 juta produk berkualitas.

Kompas TV Di tanah air sejumlah situs online juga turut berpastipasi dengan menebar diskon untuk menarik pembeli.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X